Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Terima Bantuan Obat-Obatan Kritikal dari Bangladesh untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 22:01 WIB
indonesia-terima-bantuan-obat-obatan-kritikal-dari-bangladesh-untuk-hadapi-pandemi-covid-19
Penyerahan bantuan obat-obatan COVID-19 dari Bangladesh untuk Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (7/8/2021). (Sumber: Antara/Bangladesh Embassy)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bangladesh memberikan bantuan obat-obatan kritikal untuk penanganan Covid-19 yang saat ini sedang menyapu Indonesia. Bantuan ini sebagai dukungan dan solidaritas untuk menghadapi pandemi virus corona, terutama varian delta yang saat ini menguasai mayoritas infeksi Covid-19 di dunia. 

Kedutaan Besar Bangladesh dalam keterangan tertulis seperti dilansir Antara, Minggu (08/08/2021), menyebut bantuan yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Bangladesh hari Sabtu (07/08/2021) itu mencakup obat-obatan sangat penting, seperti vitamin D dosis tinggi D-Gain 40000, Favipira 200, Imuzin 20, Simple-3, dan Ninavir 100 Injection.

Seperti dikutip dari keterangan tersebut, Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Mohammad Mostafizur Rahman mewakili pemerintah Bangladesh menyerahkan bantuan tersebut kepada Dr Wiendra Waworuntu, Direktur Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI.

Penyerahan disaksikan oleh Direktur Asia Tengah dan Selatan Kementerian Luar Negeri RI Jatmiko Heru Prasetyo.

Dubes Bangladesh Mostafizur Rahman menyebut, obat-obatan tersebut merupakan tanda persahabatan dari Bangladesh untuk rakyat Indonesia.

Dia pun berharap agar kedua negara sahabat dapat segera mengatasi pandemi. Bantuan tersebut juga diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Bangladesh sempat disapu gelombang serangan baru Covid-19 varian delta antara Juni - Juli dan mulai menurun pada Agustus 2021. Kini, Bangladesh memulai vaksinasi massal penduduknya, dengan prioritas lansia, kelompok rentan, sekaligus usia dewasa di atas 25 tahun. 

Baca Juga: Kebakaran Pabrik di Bangladesh, Pintu Keluar Terkunci, 52 Pekerja Tewas Terjebak

Produksi vaksin Covid-19 di pabrik Incepta di Dhaka, Bangladesh, Sabtu (13/2). (Sumber: AP Photo / Al-emrun Garjon)

Ketika varian Delta Covid-19 yang kejam terus menyebar seperti api, Bangladesh pada hari Sabtu (07/08/2021), memulai fase lain dari upaya vaksinasi yang bertujuan untuk menyuntikan vaksin Covid-19 kepada 3,5 juta orang dalam enam hari.

Suntikan vaksin Covid-19 akan diberikan secara serentak di 4.600 serikat pekerja, 1.054 wilayah kotamadya dan 433 kelurahan, kata Pejabat Kesehatan Bangladesh Dr ABM Khurshid Alam kepada media, Jumat (06/08/2021), seperti dilansir Dhaka Tribune, Sabtu (07/08/2021).




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x