Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Setelah Rumahkan 8.050 Karyawan, Lion Air Group Kembalikan 6 Armada ke Lessor

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 00:27 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lion Air Group pulangkan enam armadanya kepada penyedia pesawat atau lessor pada Jumat (6/8). 

Pemulangan tersebut terjadi tak lama setelah Lion Air Group merumahkan 8.050 karyawannya akibat pandemi Covid-19.

Corporate Communications Strategic of Lion Group danang Mandala Prahantoro menjelaskan, pandemi Covid-19 memaksa maskapai untuk melakukan adaptasi bisnis, termasuk negosiasi dengan lessor. 

“Dalam kondisi dan situasi masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), di luar kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Lion Air Group melakukan adaptasi (penyesuaian) yang berdampak ke bisnis, salah satunya restrukturisasi dengan pihak atau mitra Lion Air Group”, seperti yang tertulis dalam rilis tersebut.

“Dari 299 armada (pesawat udara) yang dioperasikan baik skema finance lease maupun operating lease, terdapat 6 (enam armada) yang dikirim ke Alice Spring, Australia, lokasi yang disepakati bersama lessor”, tulis Danang.

Baca Juga: Lion Air Rumahkan 25-35% Karyawan atau Sekitar 8.050 Orang

Danang menjelaskan, selama ini Lion Air Group telah mengoperasikan pesawat melalui dua skema, yakni finance lease dan operating lease.

“(kode penerbangan JT) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan keterangan resmi mengenai pengoperasian pesawat udara (armada), bahwa mengoperasikan pesawat udara melalui 2 (dua) skema atau pola. Pertama: finance lease yakni sewa beli. Kedua, operating lease, yaitu sewa pesawat udara”,  tulisnya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x