Kompas TV regional berita daerah

Wifi Gratis Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 16:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Beragam cara dilakukan oleh masyarakat untuk menunjang dunia pendidikan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) semasa pandemi Covid-19. Seorang warga di Magelang, Jawa Tengah, memberikan layanan internet gratis kepada para siswa agar bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolah.

Anak sekolah di Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Magelang, tidak lagi khawatir dengan kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh semasa pandemi Covid-19. Mereka mendapatkan layanan internet gratis oleh salah satu warga, yakni Agung Nugroho.

Di rumahnya yang sederhana ini, sejumlah siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dari sekolah, dengan memanfaatkan layanan internet gratis. Setiap harinya, sekitar 3 hingga 5 siswa baik dari sekolah dasar maupun tingkat smp bisa absensi maupun mengakses tugas-tugas sekolah.

Menurut Agung Nugroho, layanan inernet gratis ini sudah berlangsung sekitar satu tahun. Awalnya setiap hari ada sekitar 10 anak yang belajar di rumahnya. Namun kini setiap harinya sekitar 5 anak dan dijadwal, agar internet yang digunakan secara bersamaan bisa lancar.

Selain layanan internet, Agung juga menyediakan sejumlah perangkat yang bisa digunakan para siswa. Termasuk juga memberikan bimbingan kepada siswa yang merasa kesulitan mengakses tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah.

Salah satu siswa, Saskia Mutiara Octaviani, baru merasakan manfaat dari layanan internet gratis tersebut selama sekitar 3 minggu. Aksi kepedulian Agung terhadap dunia pendidikan tersebut berawal dari banyaknya anak usia sekolah yang lebih senang bermain pada siang hari selama PJJ tersebut, dengan alasan tidak memiliki kuota internet.

#sekolah #internetgratis #pembelajaranjarakjauh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x