Kompas TV bisnis kebijakan

Kartu Prakerja Segera Dibuka Lagi, Orang yang sudah Bekerja Bisa Mendaftar

Kamis, 5 Agustus 2021 | 14:13 WIB
kartu-prakerja-segera-dibuka-lagi-orang-yang-sudah-bekerja-bisa-mendaftar
Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka. Update data diri di situs www.prakerja.go.id (Sumber: Akun instagram prakerja.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kartu Prakerja gelombang  18 akan segera dibuka. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mendapatkan bantuan, segera mendaftarkan diri di laman prakerja.go.id.  Sedangkan, bagi yang sudah memiliki akun, jangan lupa untuk memperbarui data diri.

Informasi ini disampaikan juga oleh Manajemen Pelaksana Program (PMO) lewat unggahan di akun instagramnya @prakerja.go.id.

“Sobat Prakerja, gelombang 18 akan segera dibuka. Pastikan Sobat sudah membuat akun di situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Untuk Sobat yang sudah memiliki akun, segera update data diri di dashboard kamu," tulis dalam unggahan tersebut.

Diketahui, menurut informasi dalam situs resminya, program kartu prakerja bukan hanya untuk masyrakat yang menganggur. Orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar asal memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika masuk dalam ketentuan ini;

  • Pencari kerja
  • Pekerja/buruh yang terkena PHK
  • Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan.
  • Pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Kartu Prakerja juga terbuka bagi lulusan mana pun, baik kampus unggulan maupun tidak. Sebab, hal yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keahlian
  • Difabel juga dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program Kartu Prakerja Namun, prioritas tetap diberikan pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19.

Baca Juga: Cepat Perbarui Data Diri, Kartu Prakerja Gelombang 18 akan Segera Dibuka!

Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia paling rendah 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Adapun, untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Untuk Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18 sebagai berikut;

  1. Buka laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  2. Masukkan email dan password, lalu klik Daftar
  3. Pendaftar akan menerima notifikasi via email
  4. Buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email
  5. Masuk ke dashboard akun
  6. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan;
  7. Lengkapi data diri dan unggah foto e-KTP
  8. Pastikan mengunggah e-KTP asli dan berwarna.
  9. Lakukan verifikasi nomor handphone Klik Kirim
  10. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP. Klik Verifikasi
  11. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai kondisi
  12. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke
  13. Berikutnya, peserta wajib melakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
  14. Klik "Mulai Tes Sekarang"
  15. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi.
  16. Pendaftaran peserta sedikit lagi selesai dan peserta tinggal ikut seleksi gelombang
  17. Pilih gelombang yang sesuai dengan domisili kamu, lalu klik "Gabung"
  18. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang. Bila sudah sesuai, klik "Ya, Gabung"
  19. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik "Saya Menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya
  20. Tahap pendaftaran selesai. Peserta hanya perlu menunggu pendaftarannya dievaluasi

Selanjutnya, peserta akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Jika peserta belum lolos, bisa mengikut gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun masing-masing.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19