Kompas TV entertainment musik

Kisah Haru di Balik Lagu Untuk Indonesiaku Milik God Bless

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 19:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Setahun lalu, God Bless merilis lagu baru berjudul “Untuk Indonesiaku” dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia. Lagu tersebut bercerita tentang rasa cinta seorang seniman terhadap tanah air.

Ini merupakan karya terakhir Areng Widodo, musisi senior yang juga sahabat dekat para personel God Bless. Lagu ini digarap dalam suasana haru, sebelum Areng Widodo meninggal dunia pada 31 Oktober 2019.

Pada 30 Oktober 2019, Ian Antono menjenguk Areng Widodo yang saat itu dirawat di Rumah Sakit Paru dr. Goenawan Partowidigdo di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Beberapa jam kemudian setelah pertemuan dengan Ian Antono, Areng pun menghembuskan nafas terakhirnya.

"Dalam pertemuan tersebut, dengan kondisi lemah namun tetap dengan semangat menyala, Areng masih sempat membahas tentang lagu ciptaannya itu dan menyampaikan harapannya agar bisa dibawakan oleh Ahmad Albar dan God Bless," ungkap God Bless seperti dikutip dari Antara (18/8/2020).

Areng Widodo diketahui kerap bekerja sama dengan personel God Bless dalam menggarap karya musik.

Beberapa lagu Achmad Albar saat bersolo karir merupakan ciptaan Areng Widodo seperti Syair Kehidupan (1980), Dunia Huru-Hara (1981), serta Dunia Dibakar Api (1988).

Bersama Donny Fattah, Areng juga pernah bekerja sama menggarap album Daun Daun Surga yang dibawakan Bangkit Sanjaya (1985).

Sementara Ian Antono pernah bekerja sama untuk dua lagunya yakni “Jarum Neraka” (1984) dan “Tangan-Tangan Setan” (1985) yang melambungkan nama Nicky Astria.

Atas kedekatan dan persahabatan itulah, God Bless menggarap karya tersebut. Selama proses rekaman, God Bless mengaku sedikit terpengaruh untuk menghadirkan sound seperti lagu dari band Slipknot.

Namun demi menjaga amanat sang pencipta lagu, mereka tidak mengganti satu pun lirik garapan Areng Widodo.

"Liriknya bisa menjadi ekspresi siapa saja yang ingin mengedepankan kecintaan pada Ibu Pertiwi,” seperti dikutip dari Antara (18/8/2020).(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x