Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Nakes Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 09:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lebih dari 3.000 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Sardjito Yogyakarta mulai menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga. Untuk menghindari kerumunan, pemberian vaksinasi dilakukan di sejumlah tempat di dalam kompleks rumah sakit, dan berlangsung selama tiga hari.

Di hari pertama, pemberian vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan  medis yang kontak langsung dengan pasien Covid-19. Sementara, untuk tenaga kesehatan lainnya, termasuk tenaga kesehatan non medis, akan mendapatkan vaksin Covid-19 di hari selanjutnya.

Pihak Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Sardjito Yogyakarta menyebut, pemberian vaksin dosis ketiga dianggap perlu dilakukan, karena hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan antibodi pada seseorang yang menerima vaksin Covid-19 sinovac setelah memasuki bulan keenam pasca penyuntikan.

"Untuk tenaga kesehatan di bulan Januari dan Februari tahun ini sudah divaksin dengan sinovac, dari penelitian ternyata antibodi dari pos vaksinasi menurun setelah 6 bulan. Jadi memang harus diperkuat lagi. Kenapa dipilih moderna karena platformnya berbeda dari sebelumnya infected vaccine yaitu virus yang dimatikan sedangkan moderna mrna vaccine jadi dari mrna korona yang diberikan. Keunggulannya adalah dia akan memicu respon seluler,” kata tim medis RSUP Dr. Sardjito.

Untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Sardjito Yogyakarta menerima vaksin moderna. Vaksin platform ini diklaim bisa memicu sel memory sehingga akan memudahkan antibodi keluar saat terserang Covid-19.

#Vaksinasi #TenagaKesehatan #RSUPDr.Sardjito

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x