Kompas TV internasional kompas dunia

Korban Tewas Banjir Zhengzhou China Melonjak Jadi 302 Jiwa

Senin, 2 Agustus 2021 | 22:45 WIB
korban-tewas-banjir-zhengzhou-china-melonjak-jadi-302-jiwa
Jumlah korban tewas akibat banjir di China tengah bulan lalu meningkat menjadi sedikitnya 302 orang dengan puluhan orang masih hilang, kata para pejabat China hari Senin, (02/08/2021), (Sumber: France24 via AFP)

BEIJING, KOMPAS.TV - Jumlah korban tewas akibat banjir di China tengah bulan lalu meningkat menjadi 302 orang dan puluhan orang masih hilang. Hal itu diakui para pejabat China pada Senin, (2/8/2021). Penyebab banjir ini dikatakan adanya hujan lebat selama tiga hari yang volumenya sama dengan hujan satu tahun di China tengah. 

Seperti dilansir Xinhua, Senin, pemerintah setempat mengatakan, Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan menjadi episentrum banjir dan terkena dampak paling parah dengan 292 orang tewas dan 47 hilang. 

Warga terjebak di gerbong kereta bawah tanah, tempat parkir bawah tanah, dan terowongan.

Gambar penumpang yang terendam air setinggi bahu menjadi viral di media sosial Tiongkok di Jalur 5 kereta bawah tanah kota di mana 14 orang tewas. Sementara lusinan mobil di terowongan terlempar ke samping oleh banjir, banyak dengan penumpang masih di dalam.

Banyak orang tewas di Zhengzhou karena banjir dan tanah longsor, kata Wali Kota Hou Hong kepada wartawan sambil memperbarui jumlah korban secara keseluruhan. Dia menambahkan, 39 mayat ditemukan dari tempat parkir bawah tanah dan ruang bawah tanah lainnya.

Bencana tersebut menandai banjir paling mematikan di China dalam satu dekade.

Baca Juga: Setelah Diterpa Banjir, China Kini Dihantam Topan In-Fa

Sejumlah petugas tampak memperhatikan sebuah terowongan yang terendam banjir di Zhengzhou, provinsi Henan, China tengah, Jumat (23/72021). (Sumber: Chinatopix via AP)

Hujan deras yang mulai 17 Juli telah memengaruhi lebih dari 14 juta orang, merusak ribuan rumah, dan menyebabkan kerugian ekonomi di Zhengzhou yang diperkirakan mencapai 53 miliar yuan atau setara 8,2 miliar dollar AS.

Total kerugian di seluruh provinsi hampir dua kali lipat dari jumlah itu.

Para ahli mengatakan, peristiwa anomali cuaca, seperti banjir besar dan kekeringan, semakin sering terjadi karena perubahan iklim. Pertanyaan beralih ke bagaimana kota-kota China yang menonjol dapat lebih mempersiapkan diri untuk cuaca ekstrem.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19