Kompas TV nasional peristiwa

Aksi Solidaritas Pengemudi Taksi dan Ojek Online Berbagi Makanan untuk Warga yang Jalani Isoman

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 19:03 WIB
Penulis : Dea Davina

JEMBER, KOMPAS.TV - Setiap pagi dan sore hari, para pengemudi ojek dan taksi daring ini berkumpul di sejumlah titik, untuk berbagi tugas mendistribusikan makanan siap saji kepada warga yang menjalani isolasi mandiri, di Jember, Jawa Timur.

Salah satunya di depan pertokoan di Jalan Sumatera, Kecamatan Sumbersari.

Makanan yang disiapkan merupakan hasil patungan sukarela para pengemudi ojek dan taksi daring ini, dari sumbangan sejumlah donatur.

Makanan yang diantar pun dipesan dari sejumlah warung makan yang terdampak secara ekonomi, akibat pembatasan kegiatan.

Aksi ini juga mengajak warga yang memiliki makanan lebih untuk berbagi.

Selain berkoordinasi dengan satgas di masing-masing lingkungan, mereka mendapatkan data dan identitas warga yang menjalani isolasi mandiri dari formulir yang dibagikan di media sosial.

Karena mendatangi lingkungan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri memiliki risiko tinggi, para pengemudi ojek daring ini pun sadar betul untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Aksi ini mereka jalani dengan ikhlas untuk kemanusiaan, meski kadang rasa cemas akan terpapar covid-19 kerap menghinggapi mereka.

Aksi serupa juga dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan, oleh kelompok UMKM Bosowa Peduli.

Berbekal alamat yang dikirimkan oleh pasien dan keluarganya, sejak pagi hari, mereka mendatangi rumah-rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dengan membawa makanan, vitamin, dan obat-obatan.

Setiap hari puluhan rumah didatangi oleh Tim Bos Peduli.

Warga yang mendapatkan bantuan juga merasa sangat tertolong.

Mereka bisa memenuhi kebutuhan gizi selama menjalani isolasi mandiri dan membantu meningkatkan imunitas mereka.

Sementara aksi saling menjaga di tengah kondisi pandemi, juga dilakukan warga Lembah Harapan, Lidah Wetan, Surabaya, dengan membuat dan membagikan minuman herbal secara gratis, terutama bagi yang tengah menjalani isolasi mandiri.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x