Kompas TV nasional berita utama

MUI Minta Pernyataan Joe Biden Soal Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi Tidak Dianggap Enteng

Senin, 2 Agustus 2021 | 10:20 WIB
mui-minta-pernyataan-joe-biden-soal-jakarta-tenggelam-10-tahun-lagi-tidak-dianggap-enteng
Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menyampaikan sikap MUI terkait bom bunuh diri di Makassar, Minggu (28/3/2021). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengatakan DKI Jakarta akan tenggelam 10 tahun mendatang tidak dianggap enteng.

Demikian Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas merespons pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Senin (2/8/2021).

“Pernyataan Joe Biden itu hendaknya jangan kita anggap enteng,” tegas Anwar Abbas, seperti dikutip dari ANTARA.

Anwar Abbas berharap ilmuwan tanah air yang memiliki tugas dan keahlian serta keilmuannya terkait masalah perubahan iklim dan pemanasan global untuk bersatu melakukan langkah-langkah serta studi.

Sehingga, kata Anwar Abbas, tidak ada kesan membiarkan persoalan menjadi berlarut-larut mengingat dampaknya berbahaya.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Jakarta Buka Suara Soal Jakarta Tenggelam

“Itu untuk disumbangkan kepada dunia dan kepada pemerintah sendiri tentang cara mengantisipasi persoalan tersebut,” katanya.

Dalam pernyataannya, Abbas menuturkan perubahan iklim terjadi karena pesatnya pembangunan di seluruh dunia. Sementara itu, saat ini peredaran emisi karbon (CO2 emission) meningkatkan dan mendorong terjadinya kenaikan suhu, sehingga iklim pun berubah.

“Hal itu jelas akan menimbulkan dampak katastropik yang mengerikan, yang akan bisa mengancam dunia secara keseluruhan terutama negara kita Indonesia dan lebih-lebih lagi (Ibu) Kota Jakarta," ujarnya.

Di samping itu, kondisi permukaan tanah di Jakarta saat ini menurun setiap tahunnya. Sementara, naiknya permukaan air laut karena pemanasan global menyebabkan mencairnya es yang ada di Kutub Utara dan Selatan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19