Kompas TV nasional politik

Anies Akan Longgarkan Pembatasan di DKI, Anggota Komisi IX Beri 3 Catatan

Minggu, 1 Agustus 2021 | 15:32 WIB
anies-akan-longgarkan-pembatasan-di-dki-anggota-komisi-ix-beri-3-catatan
Anggota Komisi IX DPR yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay Partaonan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Sumber: (Kompas.com/Kristian Erdianto))

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mempertimbangkan secara matang ihwal rencana pelonggaran pembatasan di kawasan Ibu Kota. 

Politikus PAN itu mengimbau terlebih dahulu memastikan warga Jakarta yang sudah divaksinasi dua dosis, memenuhi persyaratan jumlahnya. 

"Kemudian, jika memang target sasaran belum dicapai, Pemprov DKI masih membutuhkan waktu untuk melakukan vaksinasi tersebut. Sehingga dengan demikian pelonggaran bisa direalisasikan," kata Saleh kepada Kompas TV, Minggu (1/8/2021). 

Menurut dia, meskipun orang sudah divaksin, bukan berarti bahwa mereka sudah terbebas dari penularan covid. Oleh sebab itu, dirinya mengimbau agar pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) tetap dipatuhi dan diawasai secara baik.

Baca Juga: Anies Bolehkan Kantor Non-esensial di Jakarta Beroperasi, Ini Syaratnya

"Karena itu, walaupun ada pelonggaran bukan berarti prokes ditinggalkan. Karena bagaimanapun juga proses vaksinasi itu harus didukung dengan penerapan prokes konsisten dan tegas," ujarnya. 

Selain itu, dirinya berharap agar Pemprov DKI tidak berhenti dengan kegiatan testing, tracing, treatment. Karena itu, untuk mengukur apakah tingkat penularan sudah menurun atau belum.

"Begitu juga dengan treatment, itu pengobatan. Kita berharap rumah sakit masih tetap konsisten dan serius menangani Covid-19. Semua ini saya kira rekomendasi dan perhatian yang penting bagi Pemprov DKI," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, latar belakang vaksinasi jadi syarat berkegiatan tidak lepas dari pertimbangan kemanfaatan vaksin dari hasil riset dan fakta di lapangan.

Anies menyatakan, dari 4,2 juta warga DKI Jakarta yang sudah divaksin minimal dosis pertama, hanya 2,3 persen tetap terinfeksi Covid-19.

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19