Kompas TV video sinau

Ini Dia Manfaat Bermain Video Game yang Belum Kamu Tahu

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 15:26 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bermain video game sering sekali diasosiasikan dengan pekerjaan yang membuang-buang waktu alias tidak penting. Faktanya, main game itu ada pentingnya! Selain menjadi salah satu perangkat pekerjaan di era serba teknologi ini, bermain video game memiliki manfaat mengurangi stress. 

Selain itu, bermain video game juga memberi perkembangan pada otak. Menurut The Journal of Neuroscience dilakukanlah penelitian kepada 69 orang yang terbagi atas 3 golongan. 

Golongan pertama bermain video game 3 dimensi, golongan kedua bermain video game 2 dimensi, dan golongan ketiga tidak bermain game sama sekali. 

Hasilnya. orang yang bermain video game 3 dimensi mengalami kemajuan dan peningkatan memori daripada yang tidak bermain game. 

Penelitian lain yang diungkap Plos One tahun 2003 mengungkap bahwa orang yang senang bermain video game mengalami peningkatan fungsi kognitif pada otak. 

Dan penelitian dari Max Plank Institute di Jerman mengungkap bahwa bermain video game dapat meningkatkan kemampuan otak dan membentuk memori, merencanakan sesuatu, dan meningkatkan kemampuan motorik halus. 

Video Editor: Febi Ramdani
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x