Kompas TV nasional peristiwa

Empat Arahan Jokowi ke BMKG Tanggapi Meningkatnya Frekuensi Bencana Alam

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 16:43 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional BMKG 2021. Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi berikan beberapa arahan kepada BMKG terkait penanganan bencana.

Dengan tantangan bencana yang semakin meningkat, Jokowi meminta ketangguhan dalam menghadapi bencana juga ditingkatkan.

Arahan pertama, Jokowi meminta Layanan BMKG harus disertai dengan inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Hal ini dilakukan untuk bisa cepat dan akurat dalam meminimalkan risiko yang dihadapi.

Arahan Kedua, Jokowi meminta sinergi dan kolaborasi BMKG dengan kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah untuk terus diperkuat. Utamanya dalam kebijakan dan perencanaan pembangunan.

“BMKG harus mampu memberikan layanan informasi yang akurat yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah sehingga informasi dan data dari BMKG tersebut bisa digunakan oleh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah dalam merancang kebijakan dan merencanakan pembangunan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Bencana Terus Meningkat Setiap Tahun, Presiden Minta BMKG Beri Peringatan Dini Lebih Akurat

Arahan ketiga, perlunya untuk meningkatkan kapasitas manajemen dan penanggulangan dan adaptasi bencana terutama di tingkat daerah hingga tingkat provinsi.

Arahan keempat, Jokowi meminta BMKG harus lakukan edukasi berkelanjutan kepada masyarakat, terutama masyarakat di wilayah yang rawan bencana.

“Masyarakat juga perlu diedukasi untuk mencari dan memanfaatkan informasi yang benar yang disediakan oleh sumber-sumber resmi sehingga tidak mudah terjebak dalam kabar berita berita bohong," papar Jokowi.

Video Editor: Noval



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x