Kompas TV internasional kompas dunia

Dilantik sebagai Presiden Baru Peru, Castillo Berjanji Memerintah oleh Rakyat dan untuk Rakyat

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 06:09 WIB
dilantik-sebagai-presiden-baru-peru-castillo-berjanji-memerintah-oleh-rakyat-dan-untuk-rakyat
Pedro Castillo, presiden Peru yang berasal dari kalangan petani dan merupakan mantan guru di pedesaan, menyampaikan pidato pelantikannya di hadapan Kongres Peru di Lima, Peru, Rabu (28/7/2021). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

LIMA, KOMPAS.TV – Berbicara untuk pertama kalinya sebagai Presiden Peru, Pedro Castillo menyatakan dirinya sebagai putra asli Peru yang akan memerintah sesuai dengan hal itu. Castillo menyampaikan pidato pelantikannya di hadapan Kongres Peru di Lima, Rabu (28/7/2021).

Melansir Associated Press pada Kamis (29/7/2021), Castillo mengatakan, “Saya ingin Anda tahu bahwa kebanggaan dan rasa sakit Peru mengalir di nadi saya, karena saya juga putra negara ini, yang dibuat oleh keringat nenek moyang saya.”

Castillo, seorang pemula di bidang politik sayap kiri, dilantik menjadi presiden baru Peru pada Rabu (28/7/2021) di Lima. Ia berjanji menjadi pembela kaum miskin di negaranya.

Baca Juga: Pedro Castillo, Pak Guru di Pedesaan itu Kini Jadi Presiden Baru Peru

Guru pedesaan yang belum pernah memegang jabatan politik sebelumnya itu dilantik dalam waktu kurang dari 2 minggu setelah ia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden yang digelar pada 6 Juni lalu. Castillo adalah presiden pertama Peru yang berasal dari kalangan petani.

“Kali ini, pemerintah memerintah oleh rakyat dan untuk rakyat,” katanya, yang disambut tepuk tangan para anggota Kongres.

Castillo menggantikan Presiden Francisco Sagasti, yang ditunjuk Kongres pada November lalu untuk memimpin negara di Amerika Selatan itu setelah kekacauan politik berlangsung selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Inilah Keluarga Sederhana Presiden Terpilih Peru Pedro Castillo, dari Pedalaman Pindah ke Ibukota

Castillo, yang hingga beberapa hari lalu masih tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah bata sederhana di pedalaman Andes, akan menghadapi Kongres yang terpecah-belah. Ini akan menyulitkannya memenuhi janji kampanyenya untuk membantu warga miskin Peru, yang kini diperkirakan mencapai sekitar sepertiga populasi negara itu.

Kecerdasan politik Castillo akan segera diuji, dan kemampuannya untuk mencapai kesepakatan bahkan dapat menentukan apakah Kongres mengizinkannya untuk menyelesaikan masa jabatannya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x