Kompas TV internasional kompas dunia

Dilantik sebagai Presiden Baru Peru, Castillo Berjanji Memerintah oleh Rakyat dan untuk Rakyat

Kamis, 29 Juli 2021 | 06:09 WIB
dilantik-sebagai-presiden-baru-peru-castillo-berjanji-memerintah-oleh-rakyat-dan-untuk-rakyat
Pedro Castillo, presiden Peru yang berasal dari kalangan petani dan merupakan mantan guru di pedesaan, menyampaikan pidato pelantikannya di hadapan Kongres Peru di Lima, Peru, Rabu (28/7/2021). (Sumber: AP Photo)

LIMA, KOMPAS.TV – Berbicara untuk pertama kalinya sebagai Presiden Peru, Pedro Castillo menyatakan dirinya sebagai putra asli Peru yang akan memerintah sesuai dengan hal itu. Castillo menyampaikan pidato pelantikannya di hadapan Kongres Peru di Lima, Rabu (28/7/2021).

Melansir Associated Press pada Kamis (29/7/2021), Castillo mengatakan, “Saya ingin Anda tahu bahwa kebanggaan dan rasa sakit Peru mengalir di nadi saya, karena saya juga putra negara ini, yang dibuat oleh keringat nenek moyang saya.”

Castillo, seorang pemula di bidang politik sayap kiri, dilantik menjadi presiden baru Peru pada Rabu (28/7/2021) di Lima. Ia berjanji menjadi pembela kaum miskin di negaranya.

Baca Juga: Pedro Castillo, Pak Guru di Pedesaan itu Kini Jadi Presiden Baru Peru

Guru pedesaan yang belum pernah memegang jabatan politik sebelumnya itu dilantik dalam waktu kurang dari 2 minggu setelah ia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden yang digelar pada 6 Juni lalu. Castillo adalah presiden pertama Peru yang berasal dari kalangan petani.

“Kali ini, pemerintah memerintah oleh rakyat dan untuk rakyat,” katanya, yang disambut tepuk tangan para anggota Kongres.

Castillo menggantikan Presiden Francisco Sagasti, yang ditunjuk Kongres pada November lalu untuk memimpin negara di Amerika Selatan itu setelah kekacauan politik berlangsung selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Inilah Keluarga Sederhana Presiden Terpilih Peru Pedro Castillo, dari Pedalaman Pindah ke Ibukota

Castillo, yang hingga beberapa hari lalu masih tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah bata sederhana di pedalaman Andes, akan menghadapi Kongres yang terpecah-belah. Ini akan menyulitkannya memenuhi janji kampanyenya untuk membantu warga miskin Peru, yang kini diperkirakan mencapai sekitar sepertiga populasi negara itu.

Kecerdasan politik Castillo akan segera diuji, dan kemampuannya untuk mencapai kesepakatan bahkan dapat menentukan apakah Kongres mengizinkannya untuk menyelesaikan masa jabatannya.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


SINAU

Apa itu Banjir Rob? dan Beberapa Penyebabnya

Sabtu, 18 September 2021 | 19:09 WIB
Kesehatan

Anda Stres? Usir dengan 7 Olahraga Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 19:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19