Kompas TV regional berita daerah

Kasus Kematian Baru Tinggi, Pemuda Desa Jadi Relawan Pemakaman Covid-19

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok pemuda di Jember Jawa Timur membentuk tim relawan pemakaman jenazah Covid-19 secara mandiri. Tim itu terbentuk atas inisiasi petugas kepolisian untuk mengurangi konflik keluarga pasien yang meninggal dunia dengan petugas BPBD.

Seperti inilah aktivitas tim relawan pemakaman jenazah Covid-19 saat membantu pemakaman jenazah Covid-19 di tengah gelapnya malam. Mereka adalah para pemuda di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.

Sekilas, mereka terlihat seperti anggota tim pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember. Mereka memakai alat pelindung diri dan memakamkan jenazah pasien Covid-19 sesuai prosedur protokol kesehatan.

Tim relawan itu beranggotakan 6 orang pemuda desa, salah satunya adalah Agus Sampurno. Ia bekerja penuh semangat demi kemanusiaan meski tanpa digaji dan penuh beresiko.

Baca Juga: Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pejuang Dalam Sunyi

Tim relawan pemakaman jenazah Covid-19 tingkat desa terbentuk atas inisiasi pihak kepolisian setempat. Bahkan polisi menyediakan segala perlengkapan alat pelindung diri dan pelatihan.

Kapolsek Mumbulsari, AKP Subagiyo mengatakan tim relawan dibentuk untuk membantu tim BPBD sekaligus meminimalisir terjadinya konflik dengan keluarga pasien Covid-19.

Angka kematian akibat Covid-19 di Jember mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir. Bahkan pada 23 Juli, angka kematian baru mencapai 57 kasus.

 

#PemudaDesa #RelawanPemakamanCovid-19 #JenazahCovid-19 #Polisi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x