Kompas TV video sinau

Wujud Peran Tanggung Jawab Bermasyarakat.

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 16:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS TV-Sebagai manusia,kita harus mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban,kewajiban tersebut menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan. Selepas melaksanakan tanggung jawab,maka kita akan mendapatkan hak.

Masyarakat terlahir dari kumpulan individu yang memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda, tetapi dengan tujuan yang sama. Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya.

Sebagai makhluk sosial, manusia adalah  anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melangsungkan hidup di dalam masyarakat.

Dalam bermasyarakat juga perlu menanamkan prinsip  dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat, yaitu : menciptakan lingkungan hidup yang selaran dan seimbang, saling mengasihi dan membina antarindividu,tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan tetapi fokus pada tujuan yang sama.

Solidaritas dalam bermasyarakat juga harus selalu ditingkatkan,salah satunya dengan cara mengutamakan kepentingan bersama. Sebagai contoh: terlibat dalam kerja bakti, aktif membantu warga yang kesulitan, ikut ronda malam, dan sebagainya. 

Salah satu hal utamanya,kita juga harus menghapus tindakan diskriminasi.

Antarindividu tak boleh mengabaikan derajat satu sama lain. Saling menghormati adalah sikap untuk mencegah perpecahan antarwarga.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x