Kompas TV regional peristiwa

Gempa M 6,3 Guncang Tojo Una-una Sulawesi Tengah

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 13:27 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Gempa bermagnitudo 6,3 terjadi di Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, Senin kemarin dan membuat warga berhamburan ke luar rumah karena panik. Guncangan gempa bahkan terasa hingga Poso.

Rekaman video amatir ini dibuat warga sesaat setelah gempa terjadi.

Warga yang hendak beristirahat langsung ke luar rumah bergitu gempa terjadi sekitar pukul 19 Waktu Indonesia Tengah.

Kebanyakan telah bersiap untuk berisitirahat saat gempa magnitudo 6,3 itu terjadi.

Banyak warga yang panik dan menangis. Kerusakan dan korban jiwa akibat gempa belum diketahui. 

Warga berusaha menuju ke perbukitan, karena takut terjadi tsunami, namun, banyaknya warga yang panik membuat jalan utama kabupaten di Sulawesi Tengah itu macet. Gempa pertama sebelumnya terjadi sekitar pukul 10 pagi yang bermagnitudo 5,9.

Guncangan gempa bahkan terasa hingga di Kabupaten Poso, Morowali, dan Kota Palu.

Puluhan pasien rawat inap di RSUD Poso harus dievakuasi ke luar bangunan.

Keluarga pasien didampingi tenaga medis ikut membantu menyelamatkan pasien untuk mencari tempat yang aman, mereka saling berdesakan karena takut gempa susulan.

Selain pasien umum, para pasien penderita covid-19 yang sedang diisolasi juga berlarian menyelamatkan diri sampai ke halaman rumah sakit.

Guncangan yang dirasakan membuat warga berhamburan ke luar rumah karena takut terjadi tsunami, namun BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut bermagnitudo 6,3 yang berpusat di kedalaman 10 kilometer.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tengah mengatakan, hingga Selasa pagi pihaknya belum menerima laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa di Kabupaten Tojo Una-una. Namun pihaknya tetap waspada jika ada kondisi kedaruratan terjadi.

Gempa bumi sendiri berpusat di Kabupaten Tojo Una-una dengan kedalaman 10 kilometer.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x