Kompas TV internasional kompas dunia

PBB: Korban Perang Sipil di Afghanistan Sepanjang Mei-Juni Capai 2.400 Orang

Senin, 26 Juli 2021 | 18:12 WIB
pbb-korban-perang-sipil-di-afghanistan-sepanjang-mei-juni-capai-2-400-orang
Sejumlah kerabat korban berupaya menggidentifikasi para korban tewas akibat serangan bom di sebuah sekolah perempuan di Kabul barat, Afghanistan, Sabtu (08/05/2021). (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)

KABUL, KOMPAS.TV - Hampir 2.400 warga sipil Afghanistan tewas atau terluka bulan Mei hingga Juni saat pertempuran antara kelompok Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan meningkat. Angka tersebut adalah tertinggi selama dua bulan sejak pencatatan dimulai tahun 2019, demikian laporan PBB, Senin, (26/07/2021) seperti dilansir Antara

Misi Bantuan PBB untuk Afghanistan (UNAMA) mencatat jumlah 5.183 korban sipil antara Januari sampai Juni. 1.659 di antaranya adalah korban tewas. Angka itu naik 47 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Jumlah tersebut menggarisbawahi situasi mengerikan bagi warga sipil Afghanistan. Pertempuran sengit berlangsung pada Mei hingga Juni setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan penarikan pasukan Amerika sejak September 2020.

Pemulangan pasukan Amerika Serikat itu mengakhiri 20 tahun keberadaan militer asing di negara tersebut.

"Yang menjadi perhatian serius yakni peningkatan tajam jumlah warga sipil yang tewas dan terluka sejak 1 Mei, dengan korban sipil yang hampir sama banyaknya pada periode Mei-Juni seperti yang tercatat pada empat bulan sebelumnya," bunyi pernyataan UNAMA.

Baca Juga: Afghanistan Berlakukan Jam Malam demi Hentikan Pergerakan Taliban Kuasai Kota

Bom mobil di Afghanistan. Misi Bantuan PBB untuk Afghanistan (UNAMA) dalam sebuah laporan menyebut sudah mencatat 5.183 korban sipil antara Januari sampai Juni, yang 1.659 di antaranya adalah korban tewas. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)

Bentrokan dahsyat di seluruh wilayah berlangsung dalam dua bulan terakhir saat kelompok Taliban meluncurkan serangan besar-besaran. Mereka juga merebut distrik perdesaan, penyeberangan perbatasan, serta ibu kota provinsi sekitar.

Hal tersebut memicu pasukan Afghanistan dan AS melakukan serangan udara untuk memukul mundur pemberontak.

Para perunding telah bertemu di Ibu Kota Doha, Qatar, beberapa pekan terakhir. Namun, para diplomat memperingatkan hanya ada sedikit kemajuan substantif yang dihasilkan sejak pembicaraan damai dimulai sejak September 2020.

"Saya meminta para pemimpin Taliban dan Afghanistan agar memperhatikan rentetan konflik yang sadis dan mengerikan, serta imbasnya yang menghancurkan bagi warga sipil," kata Deborah Lyons, Perwakilan Khusus Sekjen PBB untuk Afghanistan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19