Kompas TV klik360 sinau

Cara Cuci Hidung dengan Larutan NaCl Agar Saluran Pernapasan Bersih

Selasa, 27 Juli 2021 | 10:08 WIB

KOMPAS.TV - Hidung menyaring 10-15 ribu udara setiap harinya. Kotoran atau kuman dari udara yang dihirup dapat dibersihkan dengan bantuan terapi cuci hidung.

Manfaat mencuci hidung dengan larutan NaCl, di antaranya:

- Membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk.
- Mencegah infeksi.
- Mengurangi gejala gangguan pernapasan.
- Melembapkan hidung.
- Membersihkan lendir yang kental.

Larutan NaCl membantu menjaga kondisi hidung dan saluran pernapasan atas lebih ideal, sehingga sistem imun dan pelindung alami bisa bekerja optimal.

Namun belum ada penelitian yang menunjukkan cuci hidung dengan NaCl efektif mencegah dan membantu mengatasi Covid-19.

"Itu intinya membersihkan kotoran di saluran napas, tidak secara langsung membunuh virus," ujar Ahli Patologi Klinis UNS Surakarta Tonang Dwi Ardyanto seperti dikutip dari Kompas.com (19/7/2021).

Hal senada juga disampaikan Ketua Satgas Covid-19 IDI Jawa Timur, dr. Achmad Chusnu Romdhoni.

"Ini cara yang bagus untuk melembabkan hidung. Tapi tujuannya tidak perlu dilebih-lebihkan, apalagi untuk mengobati Covid-19," ujarnya seperti dilansir dari Kompas.com (23/7/2021).

Meski begitu, mencuci hidung boleh dilakukan untuk menjaga kebersihan saluran pernapasan. Untuk mencuci hidung sebaiknya gunakan larutan garam steril (larutan NaCl).

Tidak dianjurkan memakai air keran biasa atau membuat larutan garam sendiri, karena kebersihannya mungkin tidak terjamin.

Berikut cara mencuci hidung dengan larutan NaCl:

- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

- Tuangkan cairan NaCl ke dalam wadah atau gelas bersih, ambil cairan dengan spuit.

- Miringkan kepala ke kiri jika mencuci hidung bagian kanan, dan sebaliknya, lalu buka mulut dan tahan napas.

- Arahkan spuit ke lubang hidung, lalu semprotkan dengan kuat.

- Keluarkan sisa cairan dari hidung dan bersihkan sisa kotoran dengan tisu.

Lakukan cuci hidung sendirian atau di tempat terpisah untuk mengurangi risiko penularan penyakit lewat percikan cairan yang dikeluarkan.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya

Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Alex Noerdin Batal Ditahan di Rutan KPK

Sabtu, 18 September 2021 | 12:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19