Kompas TV video sinau

Apa itu School Fish?

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 09:10 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS TV - Ikan memiliki cara unik untuk menghindari serangan  predator. Baik ikan besar,maupun ikan yang kecil. Pernah melihat ikan berenang bergerombol dan berperilaku sama? Itulah yang dinamakan school fish.

Jika dalam gerombolan itu ada satu ikan yang berbelok,maka ikan yang lain juga ikut belok. Yang diuntungkan dari school fish adalah ikan-ikan kecil,karena biasanya pemangsa mengincar satu ikan untuk disergap.

Dengan school fish, predator sulit membedakan ikan satu dengan ikan yang lainnya.Seringnya, pemangsa ikan terkecoh dan mengira ikan kecil-kecil itu sebagai ikan yang besar

Saat berada dalam school fish,semua ikan bisa jadi ketua kelompoknya. Ikan yang pertama kali melihat tanda bahaya, yang memberikan aba aba ke ikan lain untuk mengubah arah kemudian menyelamatkan diri dari predator. Ikan lain yang ada di dalam gerombolan biasanya akan mengikuti aba-aba yang sudah diberikan. Kemudian berenang mersama menjauh dari ancaman.

Baca Juga: Apakah Ikan Tidur?

Aba-aba  atau tanda dalam gerombolan itu diberikan lewat indra pendengaran, mata, dan perubahan arah bau teman-temannya,Inilah rahasia kekompakan gerak school fish

Meski kompak, school fish tidak selalu ramah pada ikan lain sejenis, yang ingin bergabung.

Ikan yang gagal bergabung ini,membuat gerombolannya sendiri. Jumlah ikan dalam gerombolan school fish sangat beragam pada ikan air tawar. Jumlahnya tiga sampai belasan ekor.

Untuk ikan yang ada di laut, jumlah mereka bisa ribuan dan bisa menghasilkan tenaga yang besar untuk menerjang seorang penyelam.(*)

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x