Kompas TV internasional kompas dunia

Badan Obat-obatan Eropa Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Buatan Moderna untuk Anak Usia 12-17 Tahun

Sabtu, 24 Juli 2021 | 02:05 WIB
badan-obat-obatan-eropa-rekomendasikan-vaksin-covid-19-buatan-moderna-untuk-anak-usia-12-17-tahun
Tiga botol Vaksin Covid-19 Moderna difoto di pusat vaksinasi virus corona baru di Velodrom Berlin, Jerman. European Medicines Agency telah merekomendasikan untuk menyetujui vaksin Covid-19 Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, pertama kali suntikan telah diizinkan untuk orang di bawah 18 tahun. Dalam keputusan pada Jumat, 23 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Michael Sohn)

LONDON, KOMPAS.TV - European Medicines Agency atau Badan Obat-obatan Eropa hari Jumat (23/07/2021) merekomendasikan pemberian vaksin Covid-19 Moderna untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun, pertamakalinya izin dikeluarkan untuk orang di bawah 18 tahun.

Seperti dilansir dari Associated Press, Jumat, (23/07/2021), regulator obat Uni Eropa itu mengatakan penelitian pada lebih dari 3.700 anak berusia 12 hingga 17 tahun menunjukkan vaksin Covid-19 buatan Moderna menghasilkan respons antibodi yang sebanding.

Hingga saat ini, vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan BioNTech telah menjadi satu-satunya pilihan untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas di Amerika Utara dan Eropa.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat saat ini sedang mempertimbangkan apakah akan memperluas penggunaan vaksin Moderna ke kelompok usia yang sama, di mana persediaan vaksin global masih terbatas dan sebagian besar dunia sedang berjuang untuk memberi vaksinasi bagi populasi dewasa mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga lainnya mendesak negara-negara kaya untuk menyumbangkan dosis mereka ke negara berkembang, di mana kurang dari 2% orang menjalani vaksinasi, daripada menyuntik populasi mereka yang kurang rentan.

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Efek Samping Vaksin Moderna

Perawat Patricia Cummings memberikan suntikan vaksin Covid-19 buatan Moderna kepada Wakil Presiden Terpilih AS Kamala Harris di United Medical Center di Washington DC, Selasa, 29 Desember 2020. (Sumber: Associated Press)

Ratusan juta dosis Moderna telah disuntikkan kepada orang dewasa, dan perusahaan tersebut mengatakan vaksin dua dosis itu sama protektifnya bagi remaja.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.700 anak berusia 12 hingga 17 tahun, vaksin memicu tanda-tanda perlindungan kekebalan yang sama, dan tidak ada diagnosis Covid-19 yang muncul pada kelompok yang divaksinasi dibandingkan dengan empat kasus di antara mereka yang diberi suntikan dummy.

Lengan yang sakit, sakit kepala dan kelelahan adalah efek samping yang paling umum pada penerima vaksin muda, sama seperti pada orang dewasa.

Namun, regulator obat-obatan Amerika Serikat dan Eropa memperingatkan vaksin Moderna dan Pfizer tampaknya terkait dengan reaksi yang sangat jarang terjadi pada remaja dan dewasa muda, yaitu nyeri dada dan peradangan jantung.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19