Kompas TV internasional kompas dunia

Tajikistan Nyatakan Siap Tampung hingga 100.000 Pengungsi Afghanistan

Jumat, 23 Juli 2021 | 22:06 WIB
tajikistan-nyatakan-siap-tampung-hingga-100-000-pengungsi-afghanistan
Anak-anak Afghanistan bermain dengan pecahan logam sisa penyerangan di Kabul, Afghanistan. Anak-anak Afghanistan terpapar kekerasan, kekejian, dan kematian akibat perang hampir setiap hari. (Sumber: AP Photo)

DUSHANBE, KOMPAS.TV - Pertempuran yang meningkat antara pasukan Afghanistan dan kelompok Taliban di negara itu setelah Amerika Serikat menarik penuh pasukannya membuat Tajikistan menyatakan mereka bersiap menerima hingga 100.000 pengungsi, kata seorang pejabat senior Tajikistan, Jumat.

Taliban merebut dan menguasai makin banyak wilayah di Afghanistan. Pentagon memperkirakan Taliban menguasai lebih dari setengah distrik di seluruh negara.

Wakil kepala komite darurat Tajikistan, Imomali Ibrohimzoda, kepada pers mengatakan pada Jumat bahwa negara bekas republik Soviet itu telah membangun dua gudang besar untuk menyimpan persediaan bagi para pengungsi di provinsi Khatlon dan Gorno-Badakhshan yang berdekatan dengan perbatasan Afghanistan.

Ratusan warga sipil Afghanistan melarikan diri ke Tajikistan bulan Juli ini, tetapi pemerintah Tajikistan di Dushanbe mengatakan mereka telah kembali ke Afghanistan.

Sebelumnya dikabarkan, setelah kalah dalam penguasaan wilayah, militer Afghanistan merombak strategi perangnya melawan Taliban dengan memusatkan pasukan di sekitar daerah paling kritis seperti Kabul, kota-kota lain, penyeberangan perbatasan dan infrastruktur vital, kata pejabat Afghanistan dan AS.

Baca Juga: Militer AS Lakukan Serangan Udara ke Taliban, Bentuk Dukungan untuk Tentara Afghanistan

Jenderal Austin Scott Miller (kanan) -- perwira tertinggi AS di lapangan di Afghanistan -- menyerahkan komando kepada Jenderal Kenneth McKenzie (kiri) (Sumber: France24 via AFP/Wakil Koshar)

Strategi pemusatan pasukan itu akan menyerahkan wilayah lainnya kepada gerilyawan Taliban. Tetapi para pejabat mengatakan hal itu tampaknya diperlukan, karena pasukan Afghanistan berusaha mencegah hilangnya ibu kota provinsi yang dapat meluluhlantakkan negara itu.

Konsolidasi pasukan itu bertepatan dengan penarikan militer Amerika Serikat pada 31 Agustus atas perintah dari Presiden Joe Biden.

Intelijen AS memperingatkan, perkembangan terbaru ini bisa membuat pemerintah Afghanistan jatuh hanya dalam enam bulan, kata para pejabat AS kepada Reuters.

Seorang pejabat Afghanistan yang enggan disebut namanya mengatakan "reorientasi" pasukan akan membantu Kabul menguasai wilayah strategis dan mempertahankan infrastruktur, termasuk bendungan yang dibangun dengan bantuan India dan jalan-jalan utama.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19