Kompas TV video internasional

Presiden Vladimir Putin Hadiri Peluncuran Prototipe Sukhoi Checkmate

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 22:01 WIB
Penulis : Aryo bimo

ZHUKOVSKY, KOMPAS.TV - Pabrikan pesawat Rusia meluncurkan prototipe jet tempur baru yang menampilkan kemampuan siluman dan karakteristik canggih lainnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri acara peluncuran The Checkmate pada ajang pameran kedirgantaraan Maks-2021 International Aviation and Space Salon, di Zhukovsky, Rusia, Selasa (20/7/2021).

"Apa yang kami lihat di Zhukovsky hari ini menunjukkan bahwa penerbangan Rusia memiliki potensi besar untuk pengembangan dan industri pembuatan pesawat kami terus menciptakan desain pesawat kompetitif baru," kata Putin dalam pidato pembukaan Maks-2021.

Pabrikan pesawat Rusia, Rostec, mengembangkan pesawat tempur baru di bawah program Light Stealth Fighter (LTS), akronim Rusia untuk Pesawat Taktis Ringan.

Produsen mengatakan, prototipe diatur untuk melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2023 dan pengiriman dapat dimulai pada tahun 2026.

Mereka menambahkan, desain baru dapat dikonversi ke versi nirawak dan model dua kursi.

Sukhoi Checkmate yang belum memiliki nama resmi, berukuran lebih kecil dari pesawat tempur siluman dua mesin Su-57 terbaru Rusia.

Checkmate bermesin tunggal dan dapat terbang dengan kecepatan 1,8 hingga dua kali kecepatan suara.

Rostec mengklaim, pesawat tempur siluman ini memiliki jarak jelajah hingga 3.000 kilometer (1.864 mil).

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x