Kompas TV internasional kompas dunia

Setengah Populasi Dewasa Uni Eropa Sudah Vaksinasi Covid-19, Ngebut Kejar 70 Persen Herd Immunity

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:09 WIB
setengah-populasi-dewasa-uni-eropa-sudah-vaksinasi-covid-19-ngebut-kejar-70-persen-herd-immunity
Seorang dokter memberikan dosis vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 di pusat vaksinasi Covid-19 di Leverkusen, Jerman pada 22 Juni 2021. (Sumber: Ina Fassbender/France24 via AFP)

BERLIN, KOMPAS.TV - Lebih dari separuh orang dewasa Eropa kini telah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap, kata Uni Eropa, Kamis (22/07/2021), di tengah beberapa negara di Eropa dan Asia memerangi wabah baru yang diduga disebabkan oleh varian Delta yang menyebar cepat.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kasus di negaranya meningkat "secara eksponensial", sementara di Jepang Olimpiade akan dibuka dengan hampir tidak ada penonton dan dengan aturan Covid-19 yang berlaku.

Lebih dari empat juta orang kini telah meninggal akibat Covid-19 sejak pertama kali muncul Desember 2019. Meskipun jumlah vaksin dan vaksinasi meningkat secara global, varian Delta memicu peningkatan jumlah infeksi dan mendorong berbagai pemerintah untuk menerapkan kembali langkah-langkah pencegahan menghindari gelombang serangan yang baru.

Uni Eropa mengatakan hari Kamis, (22/07/2021), 200 juta orang Eropa telah sepenuhnya vaksinasi Covid-19 atau lebih dari setengah populasi orang dewasa. Walau begitu jumlah tersebut masih kurang dari target 70 persen yang ditetapkan musim panas tahun ini demi mendapat kekebalan kawanan atau herd immunity.

Data baru datang ketika Merkel mendesak lebih banyak orang Jerman untuk menjalani vaksinasi, membunyikan alarm kewaspadaan atas lonjakan baru di Jerman.

"Angka infeksi meningkat lagi dan dengan dinamika yang mengkhawatirkan," kata Merkel pada konferensi pers di Berlin.

"Kami melihat pertumbuhan eksponensial," katanya menambahkan, "Setiap vaksinasi adalah langkah kecil menuju kembalinya kenormalan."

Baca Juga: Turki Kecam Pelarangan Berhijab Uni Eropa

Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis, (22/07/2021), 200 juta orang Eropa telah sepenuhnya menjalani vaksinasi Covid-19 atau lebih dari setengah dari populasi orang dewasa. (Sumber: REUTERS/Susana Vera)

Jerman pada hari Kamis mencatat 1.890 infeksi baru selama 24 jam terakhir dengan tingkat kejadian setingkat 12,2 kasus baru per 100.000 orang selama tujuh hari terakhir - lebih dari dua kali lipat pada awal Juli.

"Dengan tingkat kejadian yang meningkat, bisa jadi kita perlu memperkenalkan langkah-langkah tambahan," katanya.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19