Kompas TV video cerita indonesia

Inovasi Unik! Games Protokol Kesehatan Tentang Covid-19

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 19:52 WIB
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV - Tingginya kasus covid 19 yang terjadi pada anak, menginspirasi seorang pria di kota Blitar membuat permainan edukasi protokol kesehatan. Melalui permainan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan anak untuk mengenakan masker serta mau mengikuti vaksinasi. Di masa pandemi, anak-anak termasuk usia yang rentan terpapar virus corona.

Melihat hal itu, Andyk Widodo berinisiatif menciptakan permainan edukasi tentang protokol kesehatan. Ide tersebut berawal dari kegelisahan tentang banyaknya anak yang terkonfirmasi positif covid 19. Warga kecamatan Sananwetan kota Blitar tersebut, mencoba membuat permainan tempel kertas, yang bertema penggunaan masker hingga vaksinasi.

Untuk lebih menarik minat anak, permainan tersebut dikemas dengan sederhana serta semeriah mungkin. Dengan begitu, tanpa disadari anak-anak akan terbiasa mengenakan masker hingga mencuci tangan. Sistem kerja permainan edukasi ini, anak-anak diajak untuk menyesuaikan penggunaan masker yang cocok, dengan baju yang dikenakan para tokoh cerita.

Anak-anak juga diminta menyusun makanan bergizi dan serta gambar vaksin. Satu paket permainan edukasi protokol kesehatan ini, dijual dengan harga 20 ribu rupiah. Diharapkan dengan adanya permainan tersebut, kesadaran anak untuk menerapkan protokol kesehatan dapat meningkat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x