Kompas TV kolom opini

Gusti Kulo Nyuwun Saras

Minggu, 18 Juli 2021 | 07:10 WIB
gusti-kulo-nyuwun-saras
Ilustrasi berdoa kepada Tuhan. (Sumber: istockphoto)

Oleh Trias Kuncahyono, Jurnalis Harian Kompas

I

Suatu hari, pekan lalu, saya menerima kiriman video refrein tembang, dari budayawan Yogyakarta, Rama G Budi Subanar SJ. Di hari yang lain, pekan lalu juga, saya mendapat kiriman video pendek berisi refrein lagu yang sama, Panyuwunan (Permohonan), dari Komunitas Perempuan Berkebaya Jogya. Mereka para anggota komunitas Perempuan Berkebaya ini tidak hanya nembang, menyanyikan lagu itu, tetapi bahkan juga menari di sebuah pendopo.

Di beberapa grup WA,  juga diposting video pendek refrein lagu itu. Ada yang dinyanyikan oleh seorang anak kecil, ada pula yang ditembangkan oleh seorang lelaki dewasa. Tembang Panyuwunan, yang pekan lalu hits, dimuat oleh berbagai portal media pula.

Kata Budi Subanar, lirik tembang Panyuwunan, aslinya adalah geguritan yang ditulis oleh Rama I Kuntara Wiryamartana SJ (dalam buku Sraddha Jalan Mulia Dunia Sunyi Jawa Kuno; KPG, 2019). Demikianlah bunyi refrein lagu itu:

Gusti, kula nyuwun saras : sarasing sukma – resiking maras
(Gusti, kami mohon kesembuhan: sembuhnya sukma – bersihnya hati)

Gusti, kula nyuwun tamba : tambaning jiwa – segering raga
(Gusti, kami mohon obat: obatnya jiwa – segarnya raga)

Penulis : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Opini

Gusti Kulo Nyuwun Saras

Minggu, 18 Juli 2021 | 07:10 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:13
STRIKER ASAL PERANCIS, OLIVIER GIROUD, RESMI GABUNG AC MILAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   KASUS COVID-19 NAIK, PEMERINTAH THAILAND LARANG MASYARAKAT LAKUKAN KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG   PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT PANGGIL 12 ORANG YANG TERBUKTI SEBAR HOAKS ANTIVAKSIN DI SOSIAL MEDIA   KEMENSOS AKAN LIBATKAN KARANG TARUNA UNTUK PERKUAT TENAGA PELAYANAN DAPUR UMUM   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DORONG PERCEPATAN VAKSINASI COVID-19 BAGI PELAKU USAHA KREATIF DI JAWA BARAT   SATGAS COVID-19 AKAN PERKETAT MOBILITAS WARGA SELAMA LIBUR IDUL ADHA   KEPALA BPOM SEBUT EFIKASI VAKSIN COVID-19 MODERNA CAPAI ANGKA 94 PERSEN UNTUK KALANGAN USIA 18-65 TAHUN   KEMENKES HARAP SUNTIKAN DOSIS KETIGA VAKSIN COVID-19 BISA MELINDUNGI NAKES DI DAERAH BERISIKO TINGGI   KEMENKES SEBUT VAKSIN MODERNA AKAN DIFOKUSKAN UNTUK TENAGA KESEHATAN DI DAERAH PPKM DARURAT   MENTERI LUHUT PANDJAITAN SEBUT SOLUSI PERMANEN HADAPI PANDEMI COVID-19 ADALAH TAAT PROKES DAN PERCEPAT VAKSINASI   MENKO MARVES LUHUT PANDJAITAN: HADAPI PANDEMI COVID-19 TIDAK CUKUP HANYA TAMBAH FASKES, DOKTER, DAN PERAWAT   MENKO MARVES LUHUT PANDJAITAN NYATAKAN KEPUTUSAN KEBIJAKAN PPKM DARURAT BUKAN HAL MUDAH BAGI PEMERINTAH   MENKO MARVES LUHUT PANDJAITAN MINTA MAAF PPKM DARURAT UNTUK TEKAN PENULARAN COVID-19 DI JAWA-BALI BELUM MAKSIMAL   PEMERINTAH AKAN SAMPAIKAN PENGUMUMAN RESMI PERPANJANGAN PPKM DARURAT DALAM 2-3 HARI KE DEPAN