Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel ikuti Pembukaan Rekonsiliasi laporan keuangan

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 17:18 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-ikuti-pembukaan-rekonsiliasi-laporan-keuangan
Pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutahiran Data Laporan Keuangan (LK) dan Barang Milik Negara (BMN) Kemenkumham Tingkat Kantor Wilayah Semester I tahun anggaran 2021 secara daring di Aula Rutan Makassar (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto hadiri pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutahiran Data Laporan Keuangan (LK) dan Barang Milik Negara (BMN) Kemenkumham Tingkat Kantor Wilayah Semester I tahun anggaran 2021 secara daring di Aula Rutan Makassar, Rabu(14/7). 

Kegiatan yang di pusatkan dari Jakarta dan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham  Komjen Pol. Andap Budhi Revianto. Andap menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenkumham karena mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020 yang lalu dan ini merupakan opini WTP yang ke 8. 

Andap minta jajarannya berkomitmen, menjadikan pertemuan ini bermanfaat, dan hasilkan data yang up to date, mutahir, akurat dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum maupun administrasi. ”Melalui rekonsiliasi ini diharapkan  ada kesesuaian Pencatatan berdasarkan Dokumen Transaksi, antara  data LK dan  Laporan BMN, serta data  di  KPPN dan KPKNL," Kata Mantan Kapolda Kepri Tersebut. 

Menurut Andap, Kegiatan ini juga jadi Sistem pengawasan dan pengendalian Internal atas pengelolaan kas, pendapatan, dan belanja barang dan jasa, serta penyusunan LK, pengawasan dan penertiban Aset Tak bergerak,  dan Opname Fisik persediaan secara memadai dan berjenjang. 

"Harapannya agar datanya parallel antara data LK, BMN dan keuangan diberbagai jenjang, sesuai dg Sistem Akuntansi Pemerintah  (SAP) agar dapat mempertahankan opini  Wajar Tanpa Pengecualian   ini,” kata Sekjen. 

Kemudian Andap memaparkan  realisasi anggaran dan Indikator Kinerja pelaksanaan Anggaran (IKPA) untuk masing-masing Kantor Wilayah. Kanwil Sulsel berada di peringkat  kedua untuk IKPA semester 1 dengan nilai 92,72. Sementara tahun  2020 lalu berada pada peringkat pertama. 

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto, Kadiv keimigrasian Dodi Karnida, Kadiv Pemasyarakatan Edi Kurniadi, Kepala Bagian Umum Basir, dan para operator keuangan dan BMN.

#sekjenkemenkumham
#bmn
#kanwilkumham



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x