Kompas TV regional berita daerah

Krisis Tenaga Kesehatan, Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 14:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 membuat tenaga kesehatan kewalahan merawat pasien Covid-19. Poltekes Kementerian Kesehatan di Sleman, Yogyakarta, melibatkan ratusan mahasiswanya sebagai tenaga sukarelawan untuk membantu di masa pandemi Covid-19. Mereka yang diterjunkan sebagai tenaga sukarelawan adalah mahasiswa tingkat akhir, yang sebelumnya sudah terlebih dahulu mendapat pelatihan terkait penanganan Covid-19.

“Kekurangan tenaga kesehatan yang saat ini bahkan kebutuhan tenaga kesehatan yang kita cukupi di beberapa falkes sangat kurang, sehingga kita harus memberangkatkan mahasiswa tingkat akhir. Dan itu sesuai dengan surat edaran menteri kesehatan dimungkinkan mahasiswa tingkat akhir untuk diberangkatkan sebagai relawan , dihargai SKS-nya dalam pembelajaran kemudian akan mendapatkan hak-hak dan tentunya kewajiban dan tentunya protokol kesehatan secara ketat,” kata Joko Susilo, Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta.

Untuk saat ini, para sukarelawan mahasiswa ini ditempatkan di sejumlah rumah sakit, puskesmas dan laboratorium kesehatan milik pemerintah di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

#mahasiswa #sukarelawan #satgascovid19 #kemenkes #covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x