Kompas TV nasional politik

Perpanjangan PPKM Darurat Jadi 6 Minggu, Wakil Ketua DPR: Harus Dipikirkan Secara Matang

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 08:01 WIB
perpanjangan-ppkm-darurat-jadi-6-minggu-wakil-ketua-dpr-harus-dipikirkan-secara-matang
Dinas Perhubungan bersama dengan Polres Bantul menutup simpang empat Jalan Parangtritis dan Imogiri Barat saat penerapan PPKM darurat. (Sumber: istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut, rencana perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat harus dipikirkan secara matang sebelum akhirnya diputuskan. 

Menurut dia, setiap kebijakan itu tak bisa langsung diterbitkan sebelum adanya sosialisasi terlebih dahulu. Namun, dirinya menyetujui usulan tersebut karena melihat situasi terkini jumlah kasus Covid-19 yang kian melonjak. 

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Buka Opsi Perpanjangan Durasi PPKM Darurat, Ini Alasannya

"Jadi begini menurut saya apapun opsi yang diberikan untuk mengatasi lonjakan Covid-19 ini memang harus dipikirkan matang-matang. Tapi memang opsi tersebut kan tentunya memang dibuat untui mengatasi lonjakan Covid-19," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/7/2021). 

Politikus Partai Gerindra itu mengimbau kepada masyarakat agar PPKM Darurat ini dapat dijalani dengan baik dan bersama-sama dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

"Kami ingin mengimbau kepada masyarakat PPKM ini apa yang kita jalani kemudian kita sama sama menjaga prokes. Aparat di lapangan bertindak tegas, teyapi kemudian terukur," ujarnya. 

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tak termakan berita-berita hoaks ihwal Covid-19 dan juga secara sadar menyebarluaskannya. Hal ini dinilai akan menimbulkan konflik di tengah pemerintah yang sedang fokus penanganan wabah tersebut.

"Kepada masyarakat kita minta jangan termakan berita hoaks soal covid dan juga secara sadar menyebarluaskannya dan akan berakibat menambah kepanikan dari masyarakat," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan akan ada dampak terhadap ekonomi jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat diperpanjang.

Seperti diketahui, pemerintah telah menyiapkan skenario dengan menerapkan PPKM Darurat selama enam minggu ke depan.

Kebijakan itu boleh jadi bakal dipilih demi mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 varian Delta yang menyebar dengan cepat.

Skenario demikian diungkapkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (12/6/2021).

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Buka Opsi Perpanjangan Durasi PPKM Darurat, Ini Alasannya

Melalui perpanjangan PPKM Darurat, Sri Mulyani menuturkan, diharapkan mobilitas masyarakat bisa menurun signifikan.

"PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus," kata Sri Mulyani dikutip dari Kompas.com.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x