Kompas TV video sinau

Masuk Angin, Penyakit Atau Gejala?

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 19:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah berkendara jauh dengan membuka jendela mobil, Bunga (Nama samaran) merasakan tidak enak badan. Rekan semobil lekas setuju dengan satu suara mengatakan, "Oh, masuk angin".

Fenomena masuk angin ramai di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, apa bisa angin masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit?

Dalam kalangan medis, tidak ada istilah masuk angin. Pasien dengan gejala seperti masuk angin disebut "Tidak Enak Badan". 

Masuk angin merupakan gejala awal sebuah penyakit. Ini bisa saja merujuk pada penyakit flu atau gangguan pada lambung seperti maag. 

Baca Juga: Panduan Mencuci Baju di Tengah Pandemi Virus Corona

Apabila "Masuk Angin" yang dirasakan seperti mual, nyeri perut, diare, dan kembung bisa saja itu merupakan pertanda gejala penyakit lambung. 

Berbeda pula dengan "Masuk Angin" yang merujuk pada penyakit flu. Gejala yang ditimbulkan berupa demam, hidung berair, dan bersin-bersin. 

Gejala "Masuk Angin" ini dapat diredakan dengan penetral asam lambung apabila gejala yang dirasakan terkait gangguan lambung dan meminum seduhan rempah apabila gejala yang dirasakan mengarah pada flu atau pilek. 

Video Editor: Febi Ramdani
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x