Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting pada 12 Juli: Monas Dibuka untuk Umum hingga Prancis Juara Piala Dunia

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 05:20 WIB
5-peristiwa-penting-pada-12-juli-monas-dibuka-untuk-umum-hingga-prancis-juara-piala-dunia
Logo Resmi Hari Koperasi Indonesia atau Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2021 (Sumber: Istimewa via Tribunnews.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Hari ini tanggal 12 Juli. Sejarah mencatat cukup banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut. Ada apa saja pada tanggal 12 Juli?

Peristiwa pada tanggal 12 Juli terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri patut kita ingat untuk menambah pengetahuan.

Berikut ini KompasTV rangkumkan dari berbagai sumber 5 peristiwa penting yang terjadi pada 12 Juli.

1. Aktor Kawakan Didi Petet Lahir

Aktor kawakan Didi Petet menjadi juri pada babak final akting LA Lights Indie Movie 2013 di Bandung. (Sumber: KOMPAS/IDA SETYORINI)

Pada 12 Juli 1956, Didi Widiatmoko atau yang biasa dikenal Didi Petet lahir di Surabaya. Ia meninggal di Tangerang Selatan pada Mei 2015 silam.

Sebagaimana diketahui Didi adalah seorang aktor di Indonesia. Ia telah membintangi banyak film dan teater.

Ia telah memerankan berbagai tokoh mulai dari Emon dalam film Catatan si Boy, Kabayan dalam film Si Kabayan Saba Kota sampai Suwito dalam film Pasir Berbisik.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun, Ini Sejarah Lahirnya Jakarta

Didi Petet juga membuat sebuah kelompok pantomim yang bernama Sena Didi Mime yang berhasil mewakilkan Indonesia di kancah internasional.

Ketika dunia sinetron merebak seiring dengan tumbuh maraknya stasiun televisi di Tanah Air, Didi pun terjun ke sana. Film iklan tak ketinggalan dirambahnya pula.

Bahkan, ia kemudian mendirikan sebuah production house.

Di samping itu, ia aktif pula dalam sejumlah pementasan teater, seminar tentang seni peran dan tentu saja mengajar di IKJ.

2. Hari Koperasi Indonesia

Logo Koperasi Indonesia (Sumber: Kompas.com)

Tanggal 12 Juli menjadi spesial bagi para pelaku koperasi di Indonesia. Ini karena 12 Juli ditetapkan sebagai hari Koperasi Indonesia.

Sejarah berdirinya koperasi di Indonesia sangatlah panjang. Ini dimulai pada tahun 1989 saat seorang Asisten Rasiden Afdeeling Karesidenan Banyumas De Wolff van Westerrode memiliki keinginan mendirikan koperasi kredit (crediet-cooperatie) agar petani terhindar dari lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi

Namun sumber lainnya menyebutkan, pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R Aria Wiriatmaja di Purwokerto mendirikan sebuah bank untuk para pegawai negeri (priyayi).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x