Kompas TV euro 2020 serba serbi

Jelang Final Euro 2020 Inggris Vs Italia, FA Perketat Keamanan di Wembley

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 23:25 WIB
jelang-final-euro-2020-inggris-vs-italia-fa-perketat-keamanan-di-wembley
Para pendukung Inggris menyemangati tim sepak bola nasional jelang pertandingan Grup D antara Inggris melawan Kroasia dalam UEFA Euro 2020 di London, Inggris, pada 13 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Han Yan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) memutuskan untuk memperketat keamanan Stadion Wembley pada laga final Euro 2020 Inggris vs Italia. 

Hal ini dilakukan FA terkait adanya ratusan suporter Inggris tanpa tiket yang mencoba memaksa masuk ke stadion di laga semifinal Inggris vs Denmark. 

Dilansir dari Daily Mail, FA akan menambahkan jumlah steward untuk mengantisipasi apabila kejadian tersebut terulang kembali di laga final Euro 2020.

Tak hanya sebagai pengamanan ekstra, para steward ini nantinya juga akan ditugaskan untuk mengecek status vaksinasi suporter dikarenakan ada laporan bahwa beberapa fans bisa masuk ke stadion tanpa menjalani pemeriksaan. 

Sebagai bagian dari uji coba bersama dengan Program Penelitian Acara Pemerintah, suporter harus menunjukkan bukti telah menerima dua vaksinasi Covid-19 atau tes negatif dalam 24 jam terakhir untuk bisa mengakses stadion. 

Baca Juga: Bjorn Kuipers Dipilih Jadi Wasit Inggris Vs Italia di Final Euro 2020

Suporter yang tiba di stadion diharuskan melewati dua pos pemeriksaan. 

Pos pertama pemeriksaan Covid-19 berada di luar stadion di mana setiap penggemar harus menunjukkan bukti dua kali vaksinasi atau tes virus corona negatif terbaru.

Dengan banyaknya suporter yang datang dan jumlah petugas yang kurang memadai, pemeriksaan yang dilakukan di luar stadion menjadi kurang optimal dan menyeluruh. 

Sehingga memakan waktu lebih lama dan beberapa suporter bisa lolos tanpa pemeriksaan. 

Setelah melewati pos pemeriksaan pertama, para suporter akan kembali diperiksa saat menunjukkan tiket di pintu masuk.

Tiket nantinya akan dipindai secara elektronik dan hanya mengizinkan satu orang masuk per tiket, meskipun ada kemungkinan bahwa dua orang boleh masuk tergantung pada ukuran tubuh (anak-anak dan dewasa).

Baca Juga: Roberto Mancini: Inggris Pantas Mencapai Final Euro 2020

Maka dari itu, penambahan personel steward di Stadion Wembley sangat dibutuhkan. 

FA berharap dengan semakin banyaknya steward yang dikerahkan, akan membuat laga final Euro 2020 bisa berjalan lancar tanpa mengalaminya masalah berarti.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x