Kompas TV internasional kompas dunia

Pfizer Kembangkan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 Untuk Lawan Varian Delta

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 16:38 WIB
pfizer-kembangkan-dosis-ketiga-vaksin-covid-19-untuk-lawan-varian-delta
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech. Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka yakin suntikan ketiga dari vaksin dua dosis mereka saat ini memiliki potensi untuk mempertahankan perlindungan "tingkat tertinggi". (Sumber: BioNTech via Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pembuat vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka sedang mengembangkan dosis penguat (booster) vaksin Covid-19 yang ditujukan untuk melawan varian Delta yang sangat menular, menurut laporan CNBC Amerika Serikat (AS) pada Kamis (08/07/2021) yang diberitakan Xinhua.

Kekhawatiran terus meningkat karena galur Delta telah menjadi varian dominan di AS, yang mengakibatkan peningkatan infeksi.

Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka yakin suntikan ketiga dari vaksin dua dosis mereka saat ini memiliki potensi untuk mempertahankan perlindungan "tingkat tertinggi" terhadap semua varian yang diketahui saat ini, termasuk Delta, tetapi mereka "tetap waspada" dan mengembangkan versi terbaru dari vaksin tersebut, menurut laporan CNBC.

"Temuan ini konsisten dengan analisis yang sedang berlangsung dari studi Fase 3 perusahaan," kata kedua perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Menkes Kaji Pemberian Vaksin Sinovac-Pfizer untuk Anak dan Remaja

Seorang remaja Israel menerima vaksin Covid-19 di sebuah pusat perawatan kesehatan di Kota Kiryat Shemona, Israel utara, pada 6 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/JINI/Ayal Margolin)

"Itulah mengapa kami mengatakan, dan kami terus meyakini bahwa kemungkinan, berdasarkan totalitas data yang kami miliki hingga saat ini, dosis ketiga mungkin diperlukan dalam waktu 6 hingga 12 bulan setelah vaksinasi lengkap."

Studi klinis dapat dimulai paling cepat pada Agustus, tergantung pada persetujuan dari regulator, kata kedua perusahaan itu.

Sementara itu, para eksekutif dari Pfizer dan BioNTech mengatakan masyarakat kemungkinan akan membutuhkan suntikan booster, atau dosis ketiga, dalam waktu 12 bulan setelah menerima vaksinasi lengkap karena mereka memperkirakan kekebalan yang diinduksi vaksin akan berkurang seiring waktu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x