Kompas TV regional peristiwa

Titik Penyekatan Jadetabek Selama PPKM Darurat Ditambah, Total ada 72 Titik!

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 09:27 WIB
titik-penyekatan-jadetabek-selama-ppkm-darurat-ditambah-total-ada-72-titik
Sejumlah petugas gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP menjaga pos penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jalan Lampiri, Kalimalang, Jakarta, pada hari Senin sore (5/7). Pada hari ketiga PPKM Darudat kendaraan taktis berjenis Panzer milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) digunakan untuk memblokade jalan yang akan menuju kearah Jakarta. (GEN) (Sumber: GENADI ADHA / KOMPAS TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menambah titik penyekatan mobilitas masyarakat pada masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 di wilayah Jadetabek.

Ada penambahan 9 titik baru sehingga total titik penyekatan menuju Jakarta menjadi 72 titik, setelah sebelumnya berjumlah 63 titik.

"Penyekatan dilakukan di 72 titik penyekatan di Polda Metro Jaya. Yaitu di 5 di gerbang tol, 9 di exit tol, 19 titik di batas kota dan 39 titik di jalur utama," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo dalam rapat virtual PPKM darurat Jawa-Bali, yang disiarkan di You Tube, Senin (5/7/2021).

Hendro menjelaskan, dari 72 titik penyekatan itu, 37 di antaranya ditempatkan di daerah perbatasan menuju Jakarta.

"72 titik itu kami bagi lagi menjadi 37 titik yang merupakan pembatasan mobilitas dan penyekatan masyarakat yang akan masuk ke Jakarta, baik di Tangerang Kota, Depok, dan Bekasi. Kemudian 35 titik melakukan pembatasan mobilitas dan pengendalian mobilitas, yaitu ada di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi," ujar Hendro.

Baca Juga: Perhatikan! Empat Titik Penyekatan PPKM Darurat di Tol Dalam Kota Jakarta

Hendro mengakui bahwa pada hari kerja pertama PPKM darurat, Senin (5/7/2021), terjadi penumpukan kendaraan di puluhan titik penyekatan. 

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi perihal sektor esensial dan kritikal yang diperbolehkan masuk ke Jakarta. Selain itu, akan diberlakukan diskresi berupa buka-tutup jalan di ruas jalan yang terjadi penumpukan. 

"Manakala terjadi penumpukan lalu lintas, maka kami melakukan diskresi, dibuka sehingga tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan permasalahan baru," jelas Hendro.

Pihak Polda Metro Jaya akan mengerahkan 1.898 personel gabungan untuk mengamankan jalur penyekatan tersebut. Pada setiap titik, petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan pada tiap kendaraan yang hendak melintas ke Jakarta. Jika warga yang melintas bukan berasal dari sektor kritikal dan esensial, polisi akan meminta warga untuk putarbalik dan tidak diizinkan lewat. 

Baca Juga: Penyekatan dan Pemeriksaan di Jalan Tol Selama PPKM Darurat, Berikut 29 Titiknya

Selain itu, pihak kepolisian, bekerjasama dengan TNI, juga akan menjaga dengan ketat jalan tikus menuju ke Jakarta. 

"Jalur tikus juga kita jaga. Nanti polsek-polsek bersama koramil," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Senin (5/7/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x