Kompas TV nasional peristiwa

Info Cuaca Hari Ini, Lokasi PPKM Darurat Diprediksi Masih Cerah, BMKG: Hujan Berpotensi di 15 Daerah

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 04:45 WIB
info-cuaca-hari-ini-lokasi-ppkm-darurat-diprediksi-masih-cerah-bmkg-hujan-berpotensi-di-15-daerah
Ilustrasi Cerah Berawan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem berupa turunnya hujan tidak terjadi di wilayah PPKM Darurat Jawa-Bali pada hari ini, Selasa (6/7/2021). (Sumber: Google via Tribunnews)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Informasi cuaca untuk hari ini, Selasa (6/7/2021) masih belum jauh berubah dibanding hari sebelumnya, Senin (5/7/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Diinformasikan pada Selasa (6/7/2021), terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 15 wilayah berpotensi hujan lebat dan disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Namun untuk wilayah yang tengah menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali diprediksi masih cerah.

Baca Juga: Aman, Lokasi PPKM Darurat di Jawa-Bali Bakal Cerah Hari Ini, BMKG: Cuaca Ekstrem di 17 Wilayah

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluen) yang memanjang di Laut Cina Selatan dan Laut Natuna bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konfluensi tersebut.

Daerah konvergensi memanjang di perairan barat Aceh hingga Selat Malaka bagian utara, di Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian tengah, perairan utara Papua Barat hingga Laut Halmahera bagian utara dan dari Papua hingga perairan selatan Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Info Cuaca Ekstrem Minggu 4 Juli 2021, Minus Pulau Jawa, BMKG: Terjadi di 20 Wilayah Berupa Hujan

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk Selasa, 6 Juli 2021:

- Riau

- Bengkulu

- Jambi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x