Kompas TV nasional peristiwa

Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Turun Drastis di Hari Ketiga PPKM Darurat

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 15:01 WIB
penumpang-bandara-soekarno-hatta-turun-drastis-di-hari-ketiga-ppkm-darurat
Suasana antrian penumpang di Bandara Soekarno-Hatta di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, Senin (14/9/2020) (Sumber: Dok Humas Angkasa Pura II)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, mencatat penurunan drastis jumlah penumpang di hari ketiga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Senin (5/7/2021). 

Seperti yang diketahui, PPKM darurat dilaksanakan sejak 3 Juli sampai 20 Juli 2021 mendatang di Jawa-Bali. Meskipun begitu, pihak Bandara Soekarno-Hatta baru memberlakukan aturan PPKM Darurat pada 5 Juli 2021.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muwardi mengatakan, sebelum PPKM darurat diterapkan, jumlah total penumpang pesawat dapat mencapai 60.000-70.000 orang per hari.

Berdasarkan data, perkiraan hanya ada 18.000 penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta hari ini.

"Direncanakan, berdasarkan planning plan-nya itu sebanyak 18.000 penumpang per harinya," papar Holik kepada awak media, Senin.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta Harus Bawa Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Tidak hanya jumlah penumpang, pergerakan pesawat di bandara juga turut berkurang drastis. Jika sebelumnya ada sekitar 500-600 pergerakan pesawat setiap harinya, pada hari ini, hanya ada sekitar 300-350 pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. 

Holik membenarkan bahwa penurunan terjadi karena aturan PPKM darurat sudah diterapkan, yakni penumpang wajib membawa sertifikat vaksin Covid-19 dan surat hasil tes negatif PCR.

Kewajiban untuk membawa dua dokumen itu tercantum dalam surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pasa Masa Pandemi Covid-19.

"Berdasarkan data yang kami terima, jelas terlihat ada penurunan penumpang," ungkap Holik.

Baca Juga: Kemacetan Terjadi di Hari Kerja Pertama PPKM Darurat, Pangdam: Banyak Perusahaan Tak Patuhi Aturan

Sebelumnya diberitakan, Bandara Soekarno-Hatta menggelar vaksinasi Covid-19 mulai Sabtu (3/7/2021) bagi penumpang pesawat berusia 18 tahun ke atas yang belum divaksin.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, vaksinasi di bandara dapat dilakukan oleh penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Vaksinasi diadakan setiap hari di Gerbang 2E Terminal 2 pada pukul 08.00 - 17.00 WIB dengan kapasitas 200 orang per jam.

Vaksinasi juga digelar di West Lobby Terminal 3, Soekarno-Hatta pada pukul 08.00 -16.00 WIB dengan kapasitas 197 orang per jam. 

Calon penumpang pesawat dapat melakukan vaksinasi sehari sebelum jadwal keberangkatan.

Baca Juga: Malaysia Perketat Pembatasan di Selangor dan Kuala Lumpur Akibat Kasus Corona Meningkat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x