Kompas TV internasional kompas dunia

Sekitar 4 Juta Warga Kamboja Sudah Mendapat Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 12:05 WIB
sekitar-4-juta-warga-kamboja-sudah-mendapat-suntikan-pertama-vaksin-covid-19
Orang-orang menerima dosis pertama vaksin COVID-19 Sinovac China di pos vaksinasi di Pulau Berlian di Phnom Penh, Kamboja, pada 12 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Phearum)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen pada Senin (28/06/2021) mengatakan sejauh ini empat juta warganya sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 per orang, seperti diberitakan Xinhua, Selasa, (29/06/2021).

So Soy, seorang veteran penyandang disabilitas berusia 65 tahun dari Provinsi Koh Kong, Kamboja barat daya, adalah orang keempat juta yang divaksinasi, tulis Hun Sen di laman Facebook-nya, menambahkan dia menghadiahkan 10 juta riel Kamboja kepada Soy karena merupakan penerima vaksin istimewa.

PM Hun Sen mengucapkan terima kasih kepada China yang menyuplai Kamboja dengan vaksin, "Terima kasih China karena telah memasok vaksin ke Kamboja. Sejauh ini, kami telah memvaksinasi 40 persen dari 10 juta populasi orang dewasa yang ditargetkan," kata Hun Sen. "Jika tidak ada dukungan dari China, kami tidak akan memiliki vaksin untuk menginokulasi bahkan 200.000 orang."

Baca Juga: PM Kamboja Hun Sen Jalani Karantina 14 Hari Kontak dengan Orang Terinfeksi Covid-19

Seorang pekerja mengangkut paket vaksin COVID-19 China di Bandar Udara Internasional Phnom Penh di Phnom Penh, Kamboja, pada 8 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Phearum)

Kamboja memulai upaya vaksinasi pada 10 Februari, yang dimulai dari ibu kota Phnom Penh dan Provinsi Kandal sebelum diperluas ke Provinsi Preah Sihanouk, Koh Kong, Kampong Speu, Svay Rieng, dan Takeo pekan lalu.

Sejauh ini, Kamboja telah menyetujui penggunaan darurat dari tiga vaksin, yaitu Sinopharm dan Sinovac dari China, serta AstraZeneca dari Inggris.

Kamboja pada Senin mengonfirmasi 883 kasus baru, sehingga total kasus di negara tersebut menjadi 48.532, kata Kementerian Kesehatan Kamboja, sembari menambahkan tercatat 16 kematian baru sehingga dengan demikian jumlah kematian keseluruhan menjadi 556 orang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x