Kompas TV regional peristiwa

BMKG Imbau Masyarakat di Sumatera Utara untuk Waspada Hujan Lebat Berpotensi Longsor dan Banjir

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 13:35 WIB
bmkg-imbau-masyarakat-di-sumatera-utara-untuk-waspada-hujan-lebat-berpotensi-longsor-dan-banjir
Ilustrasi: logo BMKG. (Sumber: BMKG)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini kepada masyarakat di Sumatera Utara.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat disertai badai guntur yang berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir.

"Waspada hujan lebat disertai badai guntur di pegunungan, lereng barat, dan lereng timur yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," tulis BMKG dalam laman resmi, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Info Cuaca BMKG 28 Juni 2021: Sebagian Wilayah Ibu Kota Berpotensi Hujan Disertai Kilat

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG Wilayah I Medan, Senin, masyarakat diimbau agar mewaspadai hujan lebat disertai badai guntur di Lereng Barat, Lereng Timur, dan Pegunungan Sumatera Utara.

Sementara itu, hujan ringan akan terjadi di wilayah Balige, Gunung Sitoli, Lahomi, Lubuk Pakam, Medan, Padang Sidempuan, Pandan, Panyabungan, Pematang Siantar, Sibolga, Sibuhuan, Sipirok, dan Teluk Dalam.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gunungkidul DIY Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Beri Imbauan

Adapun hujan lebat pada malam hari akan terjadi di wilayah Dolok Sanggul, Kabanjahe, Pangururan, Sidikalang, Pematang raya, dan Salak.

Sedangkan hujan sedang diprediksi akan terjadi di Lotu dan Tarutung. Sementara daerah lainnya di Sumatera Utara akan mengalami berawan dan hujan ringan pada dini hari.

Selama hari ini, udara di Sumatera Utara berkisar pada 23.0-31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Tenggara-Barat Laut dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Baca Juga: Info BMKG Hari Ini, Senin 28 Juni 2021, Merata dari Aceh sampai Jateng Bakal Alami Cuaca Ekstrem



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x