Kompas TV regional berita daerah

Viral Video Pusaran Angin Di Jeneponto, BMKH IV : Itu Fenomena Waterspout

Kompas.tv - 27 Juni 2021, 19:26 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPASTV - Sebuah video yang merekam fenomena menyerupai angin puting beliung di tamanroya Jeneponto sulawesi selatan viral di media sosial. Dalam rekaman terlihat gumpalan awan hitam yang disertai pusaran angin yang berputar menyerupai belalai. Sementara itu balai besar bmkg wilayah empat makassar menyatakan bahwa fenomena tersebut merupakan Waterspout. Water spout merupakan fenomena yang hampir sama dengan puting beliung namun yang membedakan hanya lokasi kejadiannya yang berada diperairan.

Seperti inilah rekaman video amatir berdurasi dua puluh delapan detik yang merekam fenomena menyerupai anging puting beliung di tamanroya kabupaten Jeneponto sulawesi selatan yang viral di media sosial. Dalam rekaman video terlihat gumpalan awan hitam yang disertai pusaran angin yang berputar menyerupai belalai.

Terkait fenomena tersebut. Balai besar meteorologi klimatologi dan geofisika wilayah iv makassar menyatakan bahwa kejadian tersebut merupakan Water spout. Water spout merupakan fenomena yang hampir sama dengan puting beliung namun yang membedakan hanya lokasi kejadiannya yang berada diperairan.

Waterspout biasanya terbentuk karena adanya pertumbuhan awan cumulonimbus di atas perairan yang didukung oleh adanya perbedaan temperature tekanan serta angin sehingga jika memungkinkan maka akan terbentuk pusaran angin.

Waterspout dikatakan berbahaya sehingga apabila kejadiannya di pesisir yang terdapat penduduk dimohon untuk menjauh atau menghindar. Begitupun bagi yang beraktifitas di perairan seperti nelayan.

Adapun terkait cuaca. Pihak bmkg juga menjelaskan bahwa untuk wilayah sulawesi selatan bagian barat saat ini memasuki musim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x