Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Segera Suntikkan Vaksin Covid-19 Dosis Tunggal Baru, Sputnik Light, untuk Hadang Varian Delta

Kompas.tv - 27 Juni 2021, 20:33 WIB
rusia-segera-suntikkan-vaksin-covid-19-dosis-tunggal-baru-sputnik-light-untuk-hadang-varian-delta
Vaksin Sputnik V yang berasal dari Rusia. Batch pertama vaksin Covid-19 dosis tunggal Sputnik Light akan segera beredar di masyarakat, seperti disampaikan Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada Sabtu (26/06/2021). (Sumber: Alodokter)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Batch pertama vaksin Covid-19 dosis tunggal baru bernama Sputnik Light akan segera beredar di masyarakat, seperti disampaikan Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada Sabtu (26/06/2021).

Sekitar 2,5 juta dosis vaksin itu akan siap digunakan pada akhir bulan ini, kata Murashko seperti dilansir Xinhua, Minggu, (27/06/2021).

Murashko mengatakan vaksin tersebut akan disuntikkan kepada mereka yang telah terpapar Covid-19, serta mereka yang telah menerima dua dosis vaksin enam bulan lalu atau lebih guna meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Pihak berwenang Rusia mengimbau masyarakat untuk kembali melakukan vaksinasi guna menangkal varian Delta yang lebih berbahaya, yang menyebar dengan cepat di negara itu.

Sputnik Light, yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya Rusia, menerima izin penggunaan di negara itu pada Mei tahun ini.

Baca Juga: Pulang dari Rusia, Suporter Finlandia Positif Covid-19, Perdana Menteri: Seluruh Pendukung Harus Tes

Hingga hari Sabtu, 26 Juni 2021, tercatat 21.665 kasus baru, meningkat hampir 1.300 kasus dibanding satu hari sebelumnya, Jumat, dan lebih dari dua kali lipat dari 9.500 kasus baru yang dilaporkan pada 1 Juni. (Sumber: AP Photo)

Rusia pada hari Sabtu melaporkan jumlah kematian Covid-19 harian tertinggi sejak awal 2021, ketika negara itu bergulat dengan lonjakan tajam infeksi baru, yang berujung pada pembatasan sosial baru di beberapa wilayah.

Gugus tugas virus corona nasional Rusia mengatakan 619 orang meninggal pada hari Sabtu, terbesar sejak 24 Desember tahun lalu.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (26/6/2021), hingga hari Sabtu, 26 Juni 2021, tercatat 21.665 kasus baru, meningkat hampir 1.300 kasus dibanding satu hari sebelumnya, Jumat, dan lebih dari dua kali lipat dari 9.500 kasus baru yang dilaporkan pada 1 Juni.

Baca Juga: Prancis Tambahkan Rusia dalam “Daftar Merah” Negara yang Dilarang Masuk

Lebih dari sepertiga infeksi baru di seluruh negeri berada di Moskow - dan pada Senin, semua restoran, kafe, dan bar di ibu kota hanya akan menerima pelanggan yang telah divaksinasi, telah pulih dari Covid-19 dalam enam bulan terakhir, atau bisa memberikan hasil tes virus corona negatif dari 72 jam sebelumnya.

Sehubungan dengan lonjakan tersebut, 18 wilayah Rusia, dari Moskow dan St Peterburg hingga wilayah terpencil di timur jauh Sakhalin, juga telah mewajibkan vaksinasi bulan ini untuk karyawan di sektor tertentu, seperti kantor pemerintah, ritel, perawatan kesehatan, pendidikan, restoran dan industri jasa lainnya.

Lebih dari 21 juta orang, atau sekitar 14% dari populasi 146 juta, telah menerima setidaknya satu suntikan pada hari Jumat.

Menurut angka dari awal pekan ini, hanya 16,7 juta, atau sekitar 11%, yang telah divaksinasi lengkap.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x