Kompas TV nasional update corona

Kasus Covid Tembus 20 Ribu, IDI: Varian Delta Menular 10x Lebih Cepat

Kompas.tv - 27 Juni 2021, 12:40 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng Faqih mengungkapkan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang dua kali menembus angka 20 ribu per harinya disebabkan adanya varian delta.

"Kalau kita lihat ini penularan dua hari sudah tembus 20 ribu, meskipun kemarin sempat turun sedikit. Artinya, ini kejadian lonjakan kali ini sangat tinggi mengalahkan lonjakan sebelumnya, kita sudah pernah mengalami empat lonjakan," bebernya dalam webinar Solidaritas Melawan Pandemi, Sabtu (26/6/2021).

Ia menyebut varian delta ini penularannya 10 kali lebih cepat.

"Karakteristik virusnya luar biasa, mutasinya cepat dan sekali mutasi ini akan menimbulkan strain baru yang lebih cepat menularkan, bahkan mungkin yang Delta ini 10 kali lebih cepat penularannya," jelas Daeng.

Tercatat pada Jumat, 26 Juni 2021 Indonesia memecahkan rekor penambahan kasus Covid-19 lebih dari 21 ribu kasus baru Covid-19.

Ketum PB IDI juga meminta adanya pembatasan mobilitas yang ketat sesuai dengan pedoman WHO. Jika penanganan Covid-19 di sisi hulu seperti penerapan protokol kesehatan, pembatasan mobilitas tak berjalan dengan baik, maka kasus Covid-19 di Indonesia akan sulit dikendalikan.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x