Kompas TV regional berita daerah

Tes Usap Ulang, Cegah Penyebaran Covid-19 Meluas

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 14:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tes usap Antigen ulang di Kecamatan Semarang Timur diutamakan bagi warga yang sudah menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid-19. Tes usap ulang massal ini merupakan bagian dari Tracing untuk menekan penyebaran Covid-19 agar tidak meluas. Menyikapi banyaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni mencapai 200 orang, Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati selalu menyampaikan kepada warganya untuk taat dan disiplin protokol kesehatan. Karena meningkatnya kasus Covid-19 di beberapa wilayah tidak lepas dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Saya sampaikan Covid-19 angkanya sudah mengerikan, kalau kita tidak paham, kita masih salah kaprah seperti yang pak Wali sampaikan maka kasus Covid-19 tidak akan tuntas. Saya terima kasih kepada HKTI karena sudah dibantu Tracing sehingga banyak warga yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG. Maka protokol kesehatan harus ditaati seperti mengenakan masker,” kata Nurul Hidayati, Camat Semarang Timur.

Sementara itu Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Perempuan Jawa Tengah yang memfasilitasi tes usap ulang bagi warga Kecamatan Semarang Timur yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagai upaya Tracing untuk membantu pemerintah menekan angka kasus penularan Covid-19 di Kota Semarang. Tes usap ulang di hari kesepuluh setelah warga menjalani isolasi mandiri dilakukan, untuk memastikan warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 apakah sudah sembuh atau belum.

“Kegiatan ini melaksanakan tes Swab Antigen gratis dan sudah dilakukan di 5 kecamatan dan kali ini tes usap kedua yang merupakan pengulangan dari tes Swab Antigen bagi warga yang positif dan di hari kesepuluh tes usap diulang kembali,” kata Nur Faisah, ketua HKTI Perempuan Jawa Tengah.

Warga yang terkofirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri tidak hanya di tes usap ulang, namun warga juga diberi obat Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19 untuk mendukung kesembuhan mereka.

#Covid19 #HKTIperempuan #SwabAntigen #OTG #SemarangTimur

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x