Kompas TV nasional kesehatan

Hati-hati dengan Infeksi Saluran Kemih!

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 21:32 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Infeksi saluran kemih merupakan kondisi infeksi yang terjadi pada bagian sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra.

Namun pada umumnya, infeksi ini menyerang dua area, yakni uretra dan kandung kemih. Namun beberapa orang dengan kondisi tertentu menjadi lebih rentan terkena infeksi saluran kemih, di antaranya, kurang memperhatikan kebersihan kelamin dengan benar, tidak buang air kecil setelah berhubungan seksual, kurang minum air putih, sistem imunitas terganggu, penyakit lain yang menghambat urine, penggunaan alat kontrasepsi, serta pemasangan kateter.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari gejala yang muncul dari infeksi saluran kemih. Hal ini karena karena infeksi saluran kemih tidak selalu menunjukkan tanda-tanda. 

Meski demikian, ada beberapa gejala umum yang dapat terjadi, seperti keinginan buang air kecil terus menerus, sering buang air kecil meskipun urine yang keluar sedikit, rasa nyeri atau sensasi panas ketika buang air kecil, urine tampak keruh atau muncul darah dalam urine, urine berbau tajam, nyeri di punggung atau perut bagian bawah, serta demam dan juga menggigil.

Lantas bagaimana cara mencegah dan menangani infeksi pada saluran kemih ini? Temukan jawabannya di Ayo Sehat.

Video ini tayang pada tanggal 2 Mei 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x