Kompas TV advertorial

Ruang Belajar Alex Tilaar Resmi Dibuka, Perluas Akses Bacaan Berkualitas

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 20:53 WIB
ruang-belajar-alex-tilaar-resmi-dibuka-perluas-akses-bacaan-berkualitas
Peresmian Ruang Belajar Alex Tilaar yang baru saja diresmikan oleh Wulan Tilaar di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (16/6/2021) (Sumber: Tribunnews.com/Bayu Indra Permana)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ruang Belajar Alex Tilaar (RBAT) yang terletak di kawasan Menteng resmi dibuka. Acara peresmian ini dilakukan tepat pada hari peringatan kelahiran mendiang Alex Tilaar, Rabu (21/6/2021).

RBAT merupakan tempat melestarikan buah pemikiran, gagasan, dan warisan berharga berupa koleksi buku mendiang Alex Tilaar yang dikenal sebagai pendidik (guru atau dosen).

“Kami berharap sarana dan fasilitas yang ada di RBAT dapat menjadi center of education dan tempat untuk sharing skills, knowledge, dan experience bagi komunitas maupun masyarakat luas,” kata Wulan Tilaar, penanggung jawab RBAT.

Terdapat puluhan buku yang umumnya memuat lebih dari 300 halaman berakar dari pengalaman, refleksi, pemikiran, komitmen, dan kecintaannya sebagai guru di jenjang pendidikan dasar dan menengah, dosen dan guru besar di perguruan tinggi.

Baca Juga: Restorasi Buku Kuno, Perpustakaan Nasional China Bakal Gunakan Teknologi 5G

Tak hanya itu, terdapat pula buku-buku yang pernah dibeli mendiang Alex Tilaar saat berkunjung ke mancanegara serta buku-buku yang dihadiahkan khusus untuknya dari berharga pihak.

Semua warisan tersebut kini terkumpul menjadi satu di RBAT.

”Ayah saya, Bapak Alex Tilaar, selalu mengingatkan bahwa semua anak Indonesia perlu mendapatkan kesempatan mengikuti pembelajaran yang menumbuhkembangkan kemandirian mereka,” jelas Wulan.

Koleksi buku-buku tersebut sebagian besar memuat tentang pendidikan, pedagogi, sosial budaya, sejarah, dan ilmu politik diharapkan dapat menjadi sumber bacaan yang bermanfaat, baik untuk kepentingan pribadi maupun akademik.

Baca Juga: 5 Komika yang Punya Karya Buku: Raditya Dika, Ernest Prakasa Hingga Soleh Solihun

Pendirian RBAT juga tidak lepas dari sebuah misi yang mulia, yakni menyediakan akses yang luas kepada sumber-sumber bacaan berkualitas, menyelenggarakan program-program dalam bidang sosial dan budaya yang berorientasi pendidikan bagi anak muda, serta mendorong iklim kolaborasi yang mampu mendukung terwujudnya visi RBAT.

RBAT diharapkan dapat menjadi ruang inklusif yang menginspirasi kreativitas, memberi pembelajaran kehidupan, membangun karakter, dan meningkatkan literasi generasi muda sebagai bagian dari upaya membangun Indonesia masa depan.

“Saya berharap, buku-buku yang ada di RBAT bisa membantu siapa pun untuk belajar secara mandiri, membuka wawasan, mendapatkan ide-ide baru, dan inspirasi,” tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x