Kompas TV video sinau

Kroasia vs Skotlandia, Duel Tim Underdog Berebut Slot Babak 16 Besar

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 20:46 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Matchday terakhir grup D Piala Eropa 2020 akan mempertemukan dua tim underdog, yaitu Kroasia dan Skotlandia pada Rabu (23/6/2021) pukul 02.00 WIB.

Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan agar berkesempatan melaju ke babak 16 besar. Saat ini, baik Kroasia maupun Skotlandia baru mengoleksi 1 poin.

Pemenang pertandingan di Hampden Park, Glasgow ini berpeluang naik ke peringkat dua atau setidaknya menjadi peringkat ketiga.

Posisi ketiga itu cukup untuk memberi kesempatan lolos ke babak 16 besar karena Piala Eropa 2020 menyediakan slot bagi 4 tim terbaik di peringkat ketiga klasemen seluruh grup.

Kroasia datang sebagai tim runner-up Piala Dunia 2018. Namun, performa mereka akhir-akhir ini menurun.

Mereka kalah dari Inggris pada matchday pertama babak grup D dengan skor 0-1. Bertemu Republik Ceko, Kroasia harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Skotlandia pun mengalami hal serupa dengan kekalahan dari Republik Ceko 0-2 dan hasil seri saat bertemu Inggris 0-0.

Dari total 5 kali pertemuan, Skotlandia meraih 3 seri dan 2 kemenangan atas Kroasia.

Kedua negara terakhir kali bertemu dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 di mana Skotlandia menang dalam laga kandang dan tandang.

Performa Skotlandia belakangan juga sedikit lebih baik dari Kroasia. Skotlandia menorehkan 3 kemenangan, 4 seri, dan 3 kekalahan dalam 10 pertandingan terakhir.

Sementara, Kroasia hanya mencatat 2 kemenangan, 5 seri, dan 4 kekalahan dalam 10 pertandingan terakhir mereka.

Kunci dalam pertandingan ini adalah lini tengah kedua tim. Kroasia memiliki pemain bintang dan berpengalaman, yaitu Luka Modric dan Mateo Kovacic.

Di sisi Skotlandia, mereka memiliki gelandang Celtic Callum McGregor dan pemain muda Billy Gilmour.

Pertandingan ini juga bakal memperlihatkan bentrok sengit di sisi sayap. Bek kanan Kroasia Sime Vrsaljko dan gelandang sayap Ivan Perisic. Keduanya akan berebut dominasi dengan bek sayap Liverpool Andy Robertson.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x