Kompas TV nasional update corona

Lapor ke Presiden Jokowi, Kemenkes: Kasus Covid-19 Meningkat Luar Biasa

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 14:35 WIB
lapor-ke-presiden-jokowi-kemenkes-kasus-covid-19-meningkat-luar-biasa
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan,  Indonesia kini tengah mengalami kasus peningkatan Covid-19 yang luar biasa, Senin (21/06/2021).

Hal tersebut disampaikan ketika mengadakan rapat virtual bersama Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian, Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri tentang penanganan Covid-19.

"Kami sampaikan saat ini memang terjadi peningkatan (kasus Covid-19) yang luar biasa dan itu penting untuk bisa fokus bukan hanya di sisi hilir atau sisi RS, sisi penanganan orang sakit," jelas Budi dalam rapat yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kembali Terima 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac, Jokowi: Kita Tak Henti Berikhtiar Tahan Laju Covid-19

Budi menekankan untuk berfokus ke sisi "hulu" untuk penanganan kasus Covid-19 yang diketahui dilaporkan semakin melonjak tiap harinya.

Dalam rapat tersebut diketahui pemerintah akan menekankan bagaimana cara agar orang sehat tak menjadi sakit karena terpapar Covid-19.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Budi menjelaskan telah mendapatkan dua arahan dari Presiden Joko Widodo terkait hal tersebut.

"Pertama, agar kita menangani di sisi hulu dengan baik, sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya. Di mana kita bisa menangani agar bisa mencegah orang sehat jadi sakit. Bukan hanya tangani orang yang sudah sakit agar jadi sehat," ungkapnya.

Baca Juga: Selain Varian Baru, Ini Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19 Versi Epidemiolog UGM

Selain itu Presiden juga meminta pelaksanaan PPKM berskala mikro untuk diperkuat. Cara kedua yaitu dengan melakukan percepatan pemberian vaksinasi Covid-19.

Diberitakan sebelumnya penularan Covid-19 di Indonesia semakin membumbung setiap harinya.

Pada Minggu (20/06/2021) pemerintah melaporkan penambahan sebanyak 13.737 kasus Covid-19 baru per pukul 12.00 WIB yang tersebar di 33 provinsi.

Total kasus Covid-19 di Tanah Air dengan penambahan tersebut kini sebanyak 1.989.909 kasus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x