Kompas TV video cerita indonesia

Mengapa Ada Orang yang Merasakan Efek Samping yang Lebih Parah?

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 15:15 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Efek samping adalah kejadian normal dalam proses vaksinasi, termasuk vaksin Covid-19. Namun, mengapa ada beberapa orang yang mengalami efek samping lebih berat?

Sebagian orang memang ada yang mengalami efek samping lebih parah daripada sebagian orang. Beberapa orang bisa merasakan demam, menggigil, pegal di lokasi suntikan bahkan pegal di seluruh badan, dan sakit kepala.

Namun, sebagian orang hanya merasakan gejala yang sangat ringan seperti mengantuk atau bertambah nafsu makannya. Bahkan ada pula yang tidak merasakan efek samping apapun.

Dilansir dari ABC News, seorang ahli virologi dari Griffifth University bernama Johnson Mak menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Diantara faktor yang mempengaruhinya adalah genetik, seberapa sehat tubuh kita ketika mendapat vaksin, seberapa sensitif sistem imun kita, dan level stres kita.

“Vaksin yang sama akan memberi efek yang berbeda pada tiap orang karena kita semua berbeda”, kata Professor Mak

Selain itu, orang yang cenderung mendapatkan efek samping yang lebih banyak adalah wanita, orang yang masih muda, dan orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19.

Data ini berdasarkan data epidemiologi dari Doherty Institute. Jadi, sudah paham ‘kan kenapa vaksin menimbulkan efek 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x