Kompas TV video back to bdm

Profil Robin Gosens, Pemain Kunci Jerman Taklukkan Portugal

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 16:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Jerman berhasil menaklukkan Portugal dalam matchday kedua Grup F Piala Eropa 2020 dengan skor 4-2 pada Sabtu (19/6/2021).

Gelandang kiri Robin Gosens menjadi kunci kemenangan Jerman dengan mencatatkan 1 gol dan 1 assist dalam pertandingan ini.

Gosens berhasil mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Portugal yang longgar.

Ia mencatatkan 3 tembakan di mana seluruhnya menjadi shot on target. Dengan itu, ia menjadi pemain yang paling banyak menghasilkan shot on target dalam big match Jerman vs Portugal.

Selain itu, Gosens juga memberikan 2 umpan kunci. Salah satu umpan itu dikonversi oleh Kai Havertz menjadi gol pada menit 50.

Umpan silang Gosens pada menit 35 juga memicu gol bunuh diri oleh Ruben Dias.

Pada menit 59, ia memungkasi pesta gol Jerman. Sundulan Gosens dengan tepat menyambut umpan silang dari Joshua Kimmich hingga bola dengan bebas menjebol gawang Portugal.

Profil singkat Robin Gosens

Robin Gosens lahir pada 5 Juli 1994 di kota Emmerich di pinggir sungai Rhine, Jerman. Pada umur 18 tahun, ia hijrah ke Belanda untuk mengejar karir sepakbolanya.

Gosens bergabung dengan tim U19 Vitesse. Setelah itu, Heracles Almelo membeli Gosens pada 1 Juli 2015.

Di Heracles Almelo, Gosens terbiasa bermain sebagai bek kiri. Namun, ia berhasil mencetak 5 gol dan 7 assist selama membela Heracles Almelo.

Akhirnya, Gosens bergabung dengan Atalanta pada 1 Juli 2017. Ia pun berkembang sehingga dapat mengisisi posisi gelandang kiri.

Saat ini pemain bertinggi 183 sentimeter itu sedang berada dalam puncak performanya. Pada musim 2020/2021, Gosens berhasil menyumbangkan 11 gol dan 6 assist bagi Atalanta.

Sebab itu, Joachim Low tertarik memanggil Gosens untuk membela Jerman sejak 3 September 2020.

Ia berhasil membuktikan kemampuannya sehingga ikut masuk dalam skuad Jerman untuk Piala Eropa 2020.

Performa Gosens dalam laga melawan Portugal ini membayar tuntas kepercayaan Joachim Low sekaligus membantu Jerman bangkit dari kekalahan melawan Perancis.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x