Kompas TV klik360 sinau

Inggris vs Skotlandia, Three Lions dan Tartan Army Perebutkan Tiket 16 Besar

Jumat, 18 Juni 2021 | 22:16 WIB

KOMPAS.TV - Inggris akan berhadapan dengan Skotlandia dalam matchday kedua Grup D Piala Eropa 2020 pada Sabtu (19/6/2021) dini hari pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris.

Bagi Inggris, kemenangan di laga ini akan menjamin tiket menuju babak 16 besar. Sementara, Skotlandia perlu meraih 3 poin untuk keluar dari posisi juru kunci Grup D.

Sebelumnya, Inggris menang tipis atas Kroasia dengan skor 1-0. Sedangkan Skotlandia mesti takluk dari Republik Ceko dengan skor 0-2.1.

Laga antara kedua negara ini adalah derby internasional tertua di dunia. Pertemuan pertama kedua negeri jiran ini terjadi pada 1872 di Hampden Park, Glasgow.

Sejak saat itu, pertemuan Inggris dengan Skotlandia selalu menjadi duel panas bersejarah. Laga kedua negara ini acap ramai karena keberadaan para penonton dari kalangan hooligan.

Salah satu momen paling mengesankan dalam sejarah pertemuan Inggris dan Skotlandia terjadi pada 1977.

Para pendukung Skotlandia merangsek masuk ke lapangan usai Skotlandia menang atas Inggris dengan skor 2-1 dalam pertandingan di Stadion Wembley.

Selama 139 tahun usia derby ini, kedua negara telah bertemu sebanyak 114 kali. Inggris unggul tipis dengan catatan 48 kemenangan, 25 imbang, dan 41 kalah.

Inggris tak terkalahkan dalam 4 pertemuan terakhir sejak 2013 dengan 3 kemenangan dan 1 hasil seri. Kedua tim terakhir bertemu dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sepanjang sejarah Piala Eropa, Inggris punya capaian lebih baik dengan berhasil tampil di 5 dari 6 babak final Piala Eropa sejak 2008. Mereka juga berhasil melaju ke semifinal Piala Eropa 1968 dan 1996.

Sementara, ini adalah kali pertama Skotlandia kembali masuk dalam babak final Piala Eropa sejak 2000.

Prediksi line-up:

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Mings, Shaw; Phillips, Rice, Mount; Foden, Kane, Sterling.

Skotlandia: Marshall; Hendry, Hanley, Tierney; Forrest, McGinn, McTominay, Armstrong, Robertson; Dykes, Adams.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:20
PERTAMINA TARGETKAN MEMBANGUN 10.000 PERTASHOP MERATA DI SELURUH WILAYAH INDONESIA   ICW PERTANYAKAN KETIDAKTAHUAN WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON SOAL PENGGAGAS TWK   EKS WAKIL KETUA KPK M JASIN MENYATAKAN PEMECATAN PEGAWAI HARUS MELALUI AUDIT, TAK BISA BERDASARKAN TES   PEMKOT BEKASI MENYATAKAN AKAN PUSATKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   KETERISIAN RUMAH SAKIT DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN SUDAH MENCAPAI 78 PERSEN PER JUMAT, 18 JUNI 2021    MENAKER AKAN BERI SURAT EDARAN KEPADA PERUSAHAAN SOAL PENIADAAN CUTI BERSAMA NATAL DAN PENGGANTIAN LIBUR NASIONAL   KASUS COVID-19 MELONJAK, PP MUHAMMADIYAH MINTA PEMERINTAH KAJI ULANG KEGIATAN BELAJAR TATAP MUKA   JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA SUDAH MENCAPAI 22.455.167 ORANG    HINGGA 18 JUNI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 12.096.066 ORANG   EPIDEMIOLOG UI IWAN ARIAWAN NILAI KEBIJAKAN “WORK FROM BALI” TAK TEPAT KARENA PANDEMI BELUM TERKENDALI   BNPB SIAPKAN 8.000 KAMAR ISOLASI KARENA KASUS PENULARAN COVID-19 DI DKI JAKARTA DAN JABAR MENINGKAT    SEPAKATI PEMBATASAN KEHADIRAN DI DPR, KOMISI II MINTA PEMERINTAH SERIUS TAMBAH TARGET VAKSINASI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA IMBAU PEMOHON PERPANJANG SIM MELALUI APLIKASI SINAR (SIM NASIONAL PRESISI)   DITLANTAS POLDA METRO JAYA: JUMLAH KASUS COVID-19 DI JAKARTA MENINGKAT, JUMLAH PEMOHON HARIAN SIM DIBATASI