Kompas TV regional update corona

Percepat Vaksinasi Covid-19, Anies Baswedan Libatkan Peran Aktif Ketua RT/RW

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 07:58 WIB
percepat-vaksinasi-covid-19-anies-baswedan-libatkan-peran-aktif-ketua-rt-rw
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saan memantau vaksinasi di Puskesmas Sunter Agung 3, Kamis (18/6/2021) (Sumber: Twitter: Anies Baswedan)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersilahkan warganya yang belum vaksin untuk menghubungi ketua RT/RW setempat.

Kata Anies, melalui RT/RW tersebut warga calon peserta vaksin Covid-19 akan dibantu mendapatkan vaksinasi di lokasi terdekat dengan calon penerima vaksin.

"Silakan kontak ketua RT/RW, nanti akan dibantu agar bisa mendapat vaksinasi di lokasi terdekat dengan tempat anda bermukim di Jakarta," kata Anies melalui keterangan tertulisnya, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Angka Covid-19 Naik, Anies Baswedan Minta Perkantoran di Zona Merah WFH 75 Persen

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan memvaksinasi 100.000 orang per hari. Agar di akhir Agustus 2021, lanjut Anies, bisa tercapai 7,5 juta orang di Jakarta yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama. 

"Atau 70% dari populasi Jakarta yang dibutuhkan agar tercipta kekebalan komunal," terangnya.

Ikhtiar itu, kata Anies, membutuhkan kerja bersama dari dua sisi. Pertama dari sisi suplai, penyediaan fasilitasnya, SDM yang memvaksin dan manajemennya dari Pemprov DKI. Lalu sisi kedua adalah warga yang divaksinasi.

"Apakah kamu sudah divaksin? Ceritakan pengalamannya, ke keluarga, teman, tetangga, kolega agar lebih banyak lagi yang terlindungi," kata Anies mengajak.

Ihwal percepatan vaksinasi Ibu Kota tersebut, Anies mengapresiasi seluruh Ketua RT/RW yang aktif mengajak dan mendata warganya untuk ikut vaksinasi. 

Kata  dia, semakin banyak warga yang sudah divaksinasi, maka akan semakin rendah tingkat penularan. "Dan Insya Allah wabah ini bisa reda lebih cepat," harapnya.

Selain melalui RT/RW, warga Jakarta yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 juga bisa mendaftar lewat JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Baca Juga: Anies Baswedan Targetkan Tiap Hari 100 Ribu Warga DKI Jakarta Divaksinasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi target kepada Gubernur DKI Jakarta Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan herd immunity terhadap Covid-19 pada Agustus 2021.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam kesempatannya meninjau vaksinasi di Waduk Pluit, Jakarta, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Jokowi meminta Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta untuk meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jakarta hingga 100 ribu orang setiap harinya. 

Jokowi minta target tersebut dilaksanakan mulai pekan ini.

"Kita harapkan dengan jumlah yang tadi sudah kita targetkan, di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal," kata manta Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Positif Covid-19 Meningkat, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x