Kompas TV nasional politik

DPR Minta BMKG Lebih Akurat Dalam Sampaikan Informasi Soal Kebencanaan

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 14:29 WIB
dpr-minta-bmkg-lebih-akurat-dalam-sampaikan-informasi-soal-kebencanaan
BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi multibencana. (Sumber: bmkg.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhamad Arwani Thomafi meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk lebih teliti dan akurat saat menyampaikan informasi kebencanaan kepada masyarakat. 

Ia berharap agar kejadian informasi keliru yang disampaikan BMKG beberapa waktu lalu tak terulang. Sebab, masyarakat menggantungkan nasibnya kepada BMKG ihwal informasi pertama seputar kebencanaan. 
 
“Jangan sampai terjadi lagi karena masyarakat, stakeholder semuanya bukan hanya pemerintah, sangat membutuhkan informasi dari BMKG ini. Terutama terkait dengan cuaca, terkait dengan bagaimana kita antisipasi terhadap potensi kemungkinan adanya bencana dan lain sebagainya,” kata Arwani seperti dikutip dari laman, dpr.go.id, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Viral Video Fenomena Pusaran Angin di Selat Bali, Ini Penjelasan BMKG dan BPBD

Ia menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung BMKG agar ke depannya dapat terus bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. 

“Tidak hanya soal cuaca nantinya tetapi juga bagaimana ini mampu menjadi suplai informasi bagi data, suplai data bagi teman-teman di bidang pertanian misalnya dan juga di bidang-bidang yang lain," ujarnya. 
 
Politikus PPP ini menyebut, teknologi untuk mendekteksi bencana yang dimiliki BMKG harus selalu mengikuti perkembangan zaman yang dimiliki oleh negara lain. Sebab, sebagai wilayah yang berada di cincin api, sepatutnya Indonesia memiliki alat yang mutakhir untuk mengetahui seberapa parahnya bencana yang terjadi. 

Baca Juga: Gelombang Tinggi 2 Perairan Capai 6 Meter, BMKG Keluarkan Peringatan Keselamatan untuk Nelayan

“Termasuk juga terkait dengan perkembangan teknologi informasi, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi itu untuk kepentingan BMKG ini,” kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x